Berada di Pot Kedua, Timnas U-19 Jadi Negara ASEAN Paling Diunggulkan di Piala Asia

Timnas Indonesia U-19 dipastikan menjadi negara dari kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yang paling diunggulkan pada gelara Piala Asia U-19 2020. Hal itu terlihat dari posisi skuat Garuda Nusantara yang ditempatkan pada pot unggulan kedua pada pot undian.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan federasi sepak bola Asia (AFC), timnas Indonesia U-19 menjadi satu-satunya negara ASEAN yang ditempatkan pada pot unggulan kedua. Sedangkan Malaysia, Vietnam, dan Kamboja berada di pot unggulan ketiga dan Laos sebagai wakil ASEAN terakhir berada di pot unggulan keempat.

Untuk proses pengundian Piala Asia yang akan dilaksanakan pada 18 Juni mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia nanti. AFC membagi para peserta ke dalam empat pot, yaitu unggulan pertama yang dihuni Uzbekistan (tuan rumah), Arab Saudi, Korea Selatan, dan Qatar.

Untuk pot dua dihuni Jepang, Tajikistan, Australia, dan Indonesia. Pot tiga diisi Malaysia, Irak, Vietnam, dan Kamboja. Terakhir pot empat bersikan Iran, Yaman, Bahrain, dan Laos.

Keberhasilan timnas Indonesia U-19 menempati pot unggulan kedua tidak terlepas dari performa meyakinkan Amuruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan selama babak kualifikasi. Mereka berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-19, setelah keluar sebagai juara grup K dengan menyingkirkan Korea Utara, Hongkong, dan Timor Leste.

Berada di pot unggulan kedua juga membuat timnas Indonesia U-19 berpeluang untuk langsung berhadapan dengan sesama negara ASEAN pada babak penyisihan grup, termasuk dengan Malaysia yang selama ini dikenal sebagai musuh bebuyutan timnas Indonesia di semua kelompok usia.

Piala Asia U-19 2020 Uzbekistan sendiri rencananya akan berlangsung pada 14-31 Oktober nanti. Empat tim terbaik dari turnamen tersebut akan mendapat tiket lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.