RUPS PT LIB Bertujuan Ubah Susunan Direksi?

Persipura Jayapura memilih hati-hati dalam menanggapi Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Liga Indonesia Baru (LIB). Momen itu disinyalir hanya upaya untuk mengubah susunan direksi PT LIB.

PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada 12 Mei 2020. Rapat menghasilkan beberapa keputusan terkait kondisi sepakbola di Indonesia.

Keputusan-keputusan itu adalah mengenai persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021, kelanjutan kompetisi di masa pandemi COVID-19, dan permintaan klub Shopee Liga 1 2020 untuk menggelar RUPS.

Desakan untuk menggelar RUPS tak lepas dari tuduhan kepada Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, yang dianggap melakukan nepotisme. Cucu sejatinya sudah membantah hal itu, namun beberapa direktur lainnya bersikeras bahwa sudah ada pelanggaran.

“Kita dengar-dengar isu bahwa ada upaya untuk menggantikan beberapa komisaris dan pimpinan LIB, entah info itu benar atau tidak, kami belum tahu. Kalau tidak benar ya kami bersyukur, karena menurut kami sejauh ini sudah berjalan baik,” Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano.

“Tapi kalau info itu benar pasti akan sulit mencari orang-orang yang profesional dan kapabel untuk menjalankan roda kompetisi, apalagi menangani finansial LIB, perlu transparansi,” tegasnya.

RUPS rencananya berlangsung pada 18 Mei 2020. Beberapa klub sudah mengaku mendapat undangan.