Tantan: Indonesia Bisa Contoh Bundesliga

Mantan bomber Persib Bandung, Tantan, memanfaatkan waktu yang kosong karena kompetisi terhenti dengan berkumpul bersama keluarga tercintanya di Lembang, Bandung. Tantan yang terakhir dikabarkan memperkuat PSKC Cimahi untuk Liga 2 2020 itu lebih banyak waktu untuk keluarganya, berbeda jika kompetisi berjalan.

Meski senang menghabiskan waktu bersama keluarga, Tantan tetap berharap kompetisi sepak bola kembali berputar. Dia mencontohkan Bundesliga yang bisa kembali bergulir meskipun dengan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Tak banyak kegiatan yang dilakukan selain berlatih mandiri dan sesekali bersepeda untuk menjaga kekuatan otot kakinya. Bersepeda menjadi alternatif bagi para pemain sepakbola agar fisik tetap bugar.

Selain itu, bersepeda bisa dilakukan sendiri tanpa berkelompok sehingga tidak melanggar aturan pemerintah untuk tidak berkumpul dan jaga jarak.

Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 dihentikan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) setelah merebaknya wabah COVID-19. Para pemain sepak bola pun dianjurkan untuk berlatih mandiri di rumahnya masing-masing.

“Ya paling di rumah saja sekarang mah. Untuk menjaga kebugaran badan ya saya tetap berlatih ringan. Dan bersepeda mengelilingi daerah sekitaran Lembang. Kan daerahnya turun dan naik, jadi seru bersepedanya,” kata Tantan kepada Bola.com, Senin (18/5/2020).

Untuk menunjang kehidupannya, selain mengandalkan tabungan, Tantan sedang fokus mengurus beberapa kontrakan yang dia miliki. Sebelumnya, Tantan sempat terjun di dunia kuliner dan peternakan sapi yang sudah menjadi penghidupan keluarga besarnya sejak dulu.

“Paling ya sekarang Tantan punya kontrakan rumah aja. Tidak banyak, hanya beberapa petak. Tapi lumayan buat jajan anak,” ujar mantan pemain Persib Bandung itu.

Tantan berharap kompetisi di Indonesia segera bergulir kembali meski harus dengan aturan yang ketat. Tantan mencontohkan Bundesliga kembali berjalan dengan aturan jaga jarak dan tidak ada selebrasi.

“Saya berharap ke depannya sepak bola Indonesia lebih baik lagi. Kompetisi kembali bergulir, yang penting jaga jarak antarpemain dan wasit seperti Bundesliga bisa dijadikan contoh,” imbuh Tantan

Bundesliga adalah kasta tertinggi sepakbola Liga Jerman, kompetisi ini telah dihelat sejak 1963

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.