Ratu Tisha Masih Dipercaya PSSI Berkiprah di AFF dan AFC

PSSI masih memercayakan Ratu Tisha Destria tetap berkiprah di AFF dan AFC. Eks Sekjen itu mempunyai jabatan penting di konfederasi sepakbola Asia dan ASEAN.

Ratu Tisha didaulat menjadi Wakil Presiden di AFF pada Juni 2019. Tak lama berselang, ia juga juga dipercaya menjadi anggota Komite Kompetisi AFC.

Perwakilan yang menjabat di tingkat internasional dalam hal ini AFF dan AFC, membutuhkan dukungan federasi asal. Di AFC misalnya, perwakilannya merupakan utusan federasi atau rekomendasi Presiden/Ketua Umum asosiasi anggota (PSSI).

“Setiap anggota komite harus ditunjuk oleh Komite Eksekutif atas proposal asosiasi anggota atau Presiden,” begitu isi Statuta AFC 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, tak masalah Ratu Tisha mewakili Indonesia di AFF dan AFC. Padahal Ratu Tisha sudah bukan pengurus PSSI lagi.

“Masih dong. Kami tetap apresiasi keberadaan Ratu Tisha di AFF dan AFC. Iya masih, kan Ratu Tisha memang ditunjuk federasi (sewaktu masih menjabat Sekjen PSSI),” kata Yunus Nusi kepada detikSport.

PSSI bisa saja mencabut dukungan atau rekomendasi Ratu Tisha di AFF dan AFC. Misalnya dengan menunjuk orang baru dari jajaran pengurus PSSI aktif.

Namun Yunus Nusi menyebut bahwa pihaknya tak punya rencana itu. Ia yakin Ratu Tisha bisa berkontribusi buat sepakbola Indonesia dengan kiprahnya di dua tempat itu.

“Ya kami kan harus bijak dan tidak bisa langsung main copot sembarang juga kan. Kami belum ada arah ke sana (mengganti Tisha di AFF dan AFC dengan pengurus PSSI aktif),” ujarnya.

“Selagi Ratu Tisha di AFF dan AFC, pasti ia akan berbuat yang terbaik untuk sepakbola Indonesia,” ucapnya.