Hasil Rapat Exco PSSI Terkait Nasib Kompetisi

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI, telah menggelar rapat Komite Eksekutif (exco) secara virtual, Selasa (12/5) malam. Rapat berlangsung cukup lama, dari mulai pukul 21:00 hingga 23:00 WIB.

Seluruh anggota exco hadir dalam rapat tersebut, termasuk ketua umum PSSI, Moch. Iriawan, Cucu Somantri yang menjabat sebagai wakil ketua umum, plt. sekjen Yunus Nusi, dan Maaike Ira, wakil sekjen.

Dalam laporan yang diberikan Yunus kepada awak media, bahwa rapat tersebut membahas beberapa hal, seperti kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di tengah pandemi Covid-19, hingga persiapan Piala Dunia U-20, tahun depan.

Dipertimbangkan juga permintaan klub Liga 1 sebagai pemilik saham PT Liga Indonesia Baru (LIB), operator kompetisi, untuk dilaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), seiring isu yang tengah merebak.

“Ketum dan exco menegaskan bahwa Piala Dunia tetap sesuai jadwal. PSSI selalu, dan sesering mungkin menjalin komunikasi dengan FIFA,” ucap Yunus.

“Tentang kompetisi exco masih berpegang pada SK 48 tahun 2020 yang ditandatangani oleh ketum, tentang status liga dalam keadaan kahar, sesuai dengan status tanggap darurat BNPB,” sambung Yunus.

Dengan demikian, surat yang dimaksud terkait kompetisi masih berlaku hingga saat ini, dan keputusan soal kelanjutan kompetisi musim 2020 masih menunggu hingga 29 Mei.

“Tentang RUPS, LIB setuju untuk melaksanakan RUPS sesuai dengan undang-undang perseroan, melaksanakan RUPS Luar Biasa,” tutup Yunus.