Satu Hal yang Raphael Maitimo Rela Lakukan demi Bela Timnas Indonesia

Semenjak kebijakan naturalisasi diterapkan, sejumlah pemain asing atau pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia telah menjadi bagian dari perjalanan Timnas Indonesia.

Salah satunya adalah gelandang Persita Tangerang, Raphael Maitimo.

Menghabiskan sebagian waktunya di negeri Belanda, pemain yang memiliki garis keturunan Maluku ini resmi menjadi warga negara Indonesia sejak 2012.

Raphael Maitimo bukan pemain sembarangan, ia pernah menimba ilmu di salah satu tim besar Belanda, Feyenoord Rotterdam, bersama mantan pemain Arsenal dan Manchester United, Robin Van Persie.

Maitimo juga pernah bermain bersama Wesley Sneijder dan Arjen Robben di timnas junior Belanda.

Namun, siapa sangka jalan Raphael Maitimo menjadi WNI demi membela Timnas Indonesia penuh dengan lika-liku termasuk memulai kariernya di Asia dengan mencicipi kompetisi di China sebagai jalan membela Timnas Indonesia.

“Sejak awal saya ingin bergabung dengan timnas Indonesia. Sebuah harapan muncul ketika saya bermain di China yang iklim sepak bolanya berbeda dengan Belanda,” kata pria kelahiran Rotterdam, 17 Maret 1984.

“Meski tidak mudah, saya bisa beradaptasi dengan cepat,” tuturnya.

Hal itu dilakukan Raphael Maitimo agar dilirik oleh pengurus PSSI dan menjadi pemain yang direkomendasikan untuk dinaturalisasi.

Dia tidak sendirian kala itu, ada kompratiotnya sesama pemain Belanda seperti Stefano Lilipaly, Tony Cussel, dan Jhonny Van Beukering yang dinaturalisasi saat terjadi dualisme kompetisi.

Raphael Maitimo pernah membela sejumlah tim di Indonesia seperti Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema FC, Persib Bandung, Madura United dan Persebaya Surabaya.

Dia mengaku membutuhkan waktu cukup lama untuk beradaptasi dengan budayaIndonesia.

Namun hal tersebut justru menjadi motivasi terbesar Maitimo untuk memperkuat timnas Indonesia.

“Sebagai pemain sepak bola profesional, saya harus memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. Di awal memang perlu adaptasi budaya dan bahasa yang kondisinya berbeda dengan Belanda,” pungkasnya.

Raphael Maitimo tercatat bermain 21 kali bagi Timnas Indonesia dan mencetak 4 gol.