PSSI Akan Bahas Kisruh PT LIB Di Rapat Exco

PSSI bakal membahas surat dari tiga petinggi PT Liga Indonesia Baru (LIB), yang meminta pemilik saham untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Mereka merasa tidak puas dengan kepemimpinan Cucu Somantri, selaku direktur utama operator kompetisi tersebut.

Ketiga orang yang dimaksud yakni Sudjarno (direktur operasional) Rudy Kangdra (direktur bisnis), dan Anthony Chandra Kartawiria (direktur keuangan). Mereka menilai Cucu, berulang kali mengambil keputusan secara sepihak.

Satu di antaranya adalah penunjukkan anak kandung Cucu, Pradana Aditya sebagai general manager PT LIB. Meski, pada akhirnya Cucu membantahnya dan memastikan putranya tersebut tidak akan memegang jabatan di sana.

“Surat ini tentu akan dibahas dalam rapat Exco [Komite Eksekutif] PSSI. Sekretariat baru menerima, maka saya akan menyampaikan kepada ketua umum [Mochamad Iriawan] dan Exco yang kemudian tentu akan menjadi salah satu agenda rapat,” kata Plt sekjen PSSI Yunus Nusi saat dihubungi awak media.

PSSI memang hanya memiliki saham sebesar 1 persen di PT LIB. Akan tetapi, federasi sepakbola nasional tersebut punya hak veto dalam mengambil segala keputusan di sana.

Sementara 99 persen saham lainnya dipunya oleh 18 klub Liga 1, yang dibagi secara merata. Artinya setiap kontestan memiliki 5,5 persen saham di perseroan terbatas tersebut.