Menpora Dukung PSSI Tentang Nasib Kompetisi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menyambut positif keputusan PSSI tentang kelanjutan kompetisi tanah air. Menurutnya, langkah yang dilakukan federasi sepakbola nasional tersebut sudah tepat.

Berdasarkan surat bernomor 1098/UDN/135/V-2020, yang dikirimkan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), PSSI menunggu arahan dari pemerintah untuk kelanjutan kompetisi. Hal ini karena sampai sekarang pandemi virus corona belum membaik.

“Akhirnya saya dan ketua umum PSSI berkesimpulan kami akan mengikuti anjuran pemerintah tentang penanganan virus corona ini. Kami sepakat untuk tidak melanggar hal ini,” kata Zainudin.

Pandemi virus corona membuat kompetisi dihentikan dengan status force majeure, sejak Maret hingga Juni 2020. Dijadwalkan Liga 1 dan 2, kembali bergulir pada Juli, mendatang.

Namun, bila pemerintah memperpanjang masa tanggap darurat virus corona yang berakhir pada 29 Mei 2020, kompetisi musim ini dinyatakan berakhir. PSSI bakal menggelar ajang lain untuk menggantikan Liga 1 dan 2, September mendatang.

Rencananya, pekan ini PSSI menggelar rapat komite eksekutif (Exco). Agenda tersebut akan membahas masukan tentang kelanjutan kompetisi yang diberikan klub Liga 1 dan 2, melalui PT LIB.