Masa Depan Liga 1 dan Liga 2 2020 Kini Ada di Tangan PSSI

Masa depan Liga 1 dan Liga 2 2020 kini ada di tangan PSSI. Sebab, PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga sudah menyerahkan catatan dan usulan dari klub soal kelanjutan kompetisi.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dihentikan andai pemerintah melanjutkan status darurat bencana pada 29 Mei mendatang. PT LIB sendiri sudah meminta pendapat dari para klub-klub soal kelangsungan kompetisi musim ini.

Melihat situasi terkini PT LIB tampaknya mulai pesimistis kompetisi musim ini bisa dilanjutkan. Mereka lantas mengirimkan surat kepada klub-klub untuk dimintai pendapat. Mayoritas klub lantas setuju liga dibatalkan dan akan digelar turnamen pengganti pada September.

“Pasti PSSI yang ambil keputusan soal nasib liga, karena kan kita hanya operator yang dimandati oleh PSSI.Apapun keputusannya ya nanti kami terima,” ungkap Direktur Operasional LIB, Sudjarno.

Para pemain Persipura Jayapura diliburkan Jacksen Tiago selama masa penundaan Liga 1 2020 oleh PT LIB.

“Saran-saran sudah ada dan sudah diteruskan ke PSSI terkait subsidi dan lain-lain. Lalu, sudah dijawab PSSI. PSSI berpegang pada protokol pemerintah. Nanti pssi yang akan umumkan,” lanjut dia.

Intinya, kata dia, klub Liga 1 maupun Liga 2 menyebut kalau situasi saat ini belum reda terkait virus corona COVID-19. Apalagi pasien terjangkit virus itu jua belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

“Pemerintah juga belum bisa memastikan kapan berakhirnya, mereka sarankan dihentikan saja. Saran-saran itu sudah kami summary dan dikirim ke PSSI dan PSSI sudah memberikan jawaban juga yakni berpegang ke peraturan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Sudah itu saja. Nanti mungkin PSSI punya pembahasan sendiri atau mekanismenya seperti apa,” tutup dia.