Pelatih PSM Bicara Fanatiknya Suporter Indonesia

Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak ternyata terkesan dengan fanatisme sepak bola di Indonesia, khususnya suporter. Ia baru saja datang ke Indonesia pada awal tahun ini.

Hodak memang sudah tidak asing dengan atmosfer sepak bola Asia Tenggara. Pelatih asal Kroasia itu sudah lama membesut tim di Malaysia, seperti Kelantan FA, Johor Darul Takzim, sampai Timnas Malaysia U-19.

Soal sepak bola Indonesia, dia tidak menduga soal fanatiknya suporter Tanah Air. Hodak sempat kaget saat sesi latihan dipenuhi, setidaknya 8.000 penonton ketika pertama kali memimpin latihan PSM.

“Orang-orang suka sepak bola, di Indonesia mereka sedikit lebih gila. Sekitar 8.000 penggemar datang ke sesi latihan pertama saya bersama PSM. Mereka bahkan membawa petasan dan drum. Fanatismenya luar biasa suporter Indonesia, bukan hanya suporter PSM saja,” kata Hodak dikutip dari Jutarnji, Senin (4/5/2020).

“Untuk sesi latihan berikutnya, saya bilang harus digelar tertutup karena membuat kebisingan. Para pemain tidak bisa mendengar saya. Itu lucu, semakin saya berteriak, semakin keras mereka bermain drum,” jelas Hodak menambahkan.

“Kota saya saat ini di Makassar, memiliki hampir tiga juta penduduk. Semua orang di sini mengikuti sepak bola, jadi tidak mudah untuk pergi ke mana pun,” tutur Hodak bercerita tentang kehidupannya di Makassar.

“Mereka tahu saya. Orang-orang ingin menyentuh dan berfoto, meskipun kami tidak saling mengerti apa yang sedang kita bicarakan,” tukasnya.