Tak Disangka, Ini Makanan Favorit Stefano Cugurra Teco di Indonesia

Butuh waktu setahun bagi pelatih asal Brazil, Stefano Cugurra Teco untuk mencicipi makanan khas Surabaya, Rawon. Momen penting itu terjadi kala Teco menjabat sebagai pelatih Persebaya Surabaya mulai 2003 lalu.

Pelatih Bali United itu sudah berada di Indonesia sejak berusia 29 tahun. Kala itu, Teco menjadi pelatih fisik di Persebaya. Sementara jabatan pelatih kepala diemban Jacksen F Tiago.

Sebagai perantauan pertama di Indonesia, Teco perlu adaptasi yang bukan sekadar lingkungan, cuaca dan budaya, namun juga makanan khas Indonesia. Salah satu makanan khas Indonesia yaitu ada Rawon yang begitu digemari warga maupun pelancong Surabaya.

Butuh waktu tak sebentar bagi Teco untuk mencicipi Rawon. Ternyata, momen itu terjadi di Mes Persebaya, setelah setahun di Surabaya.

“Makanan pertama saya di Indonesia itu Nasi Goreng. Setelah satu tahun di Surabaya, saya baru coba Rawon di Mes Persebaya. Sekarang Rawon favorit saya,” ucap Teco, Kamis (23/4/20).

Sudah beragam makanan Nusantara dijajal Teco, namun, dia masih menjalani hari-hari dengan berbagai makanan khas Brazil. Sang istri, Miranda Erlinda lihai dalam memasak berbagai makanan khas Brazil kesukaan peraih gelar juara Liga 1 bersama Bali United dan Persija Jakarta itu.

Bila rindu dengan Rawon, Miranda pun tentu hafal dengan olahan masakan khas Surabaya itu. Pasalnya, Miranda bertemu dengan Teco pada 2006 lalu di Surabaya.