Pilih Pelatih yang Tepat Jadi Saran Luis Milla untuk Timnas Indonesia

Luis Milla, mantan pelatih Timnas Indonesia, menyampaikan pesan agar sepak bola di Tanah Air bisa berkembang dengan baik. Salah satunya pemilihan pelatih yang tepat.

Pelatih asal Spanyol itu memberikan contoh ketika pertama kali datang ke Timnas Indonesia. Saat itu Indonesia sedang bebenah setelah lepas dari sanksi FIFA.

“Tapi di atas semua itu, yang harus mereka lakukan adalah memilih pelatih yang terbaik untuk sepak bola mereka, memilih pelatih yang tepat untuk timnas masing-masing,” ujar Milla.

“Saat saya menangani Timnas Indonesia, mereka tidak bisa bersaing karena baru saja mendapatkan sanksi FIFA,” lanjut pelatih yang juga mantan pemain Real Madrid itu.

“Masalah mereka sebenarnya ada di pangkalnya, di mana mereka harus terus meningkatkan dengan tiga sisi, yakni pelatih, fasilitas, dan kompetisi yang baik untuk maju dan bersaing di level internasional,” imbuh Luis Milla.

Milla juga mengatakan bahwa level sepak bola Indonesia masih di bawah Asia dan juga Eropa. “Level Indonesia masih jauh di bawah Eropa. Demikian pula level sepakbola Asia ya, masih cukup jauh di bawah Eropa meski harus diakui levelnya terus mengalami peningkatan,” tukasnya.