Makna Filosofis Desain Jersey Baru Timnas Indonesia

Mills sebagai brand apparel PSSI telah meluncurkan jersey baru Timnas Indonesia. Baru seragam kandang saja yang dirilis pada, Jumat (18/4/2020).

Jersey ini berwarna merah yang sudah identik dengan Indonesia dengan sedikit tambahan warna putih pada bagian kerah belakang. Logo Garuda yang merupakan lambang Republik Indonesia masih menjadi pilihan di bagian dada kiri.

Yang berbeda dengan jersey produksi Nike pada seragam sebelumnya adalah munculnya motif besar sayap Garuda. Itu terlihat di sebelah kanan dan kiri seragam dan menjulur dari atas ke bawah.

“Ada motif sayap kiri dan kanan, itu menggambarkan sayapnya garuda. Kami namakan itu ‘Pelukan Garuda’,” kata Marketing Communication Mills, Fachry Assegaff, dalam rilis PSSI.

“Agar pemain Timnas lebih gagah dan kokoh seperti garuda. Dan background logo garuda di dalamnya ada motif berbentuk rantai yang menggambarkan persatuan Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Sebenarnya jersey ini akan diperkenalkan secara resmi pada 3 April lalu. Namun ditunda karena pandemi virus corona.

Sebagai gantinya, Mills memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 1.000 potong. APD itu diserahkan sebagai bantuan ke berbagai fasilitas kesehatan dan rumah sakit.

Dengan alasan itu pula Mills kini belum merilis jersey tandang dan jersey ketiga Timnas Indonesia. Selain jersey utama, apparel lokal sebelumnya sudah merilis seragam latihan dan sudah digunakan dalam latihan Timnas Indonesia.

“Ini jawaban dari kami untuk masyarakat Indonesia yang sangat antusias akan kehadiran jersey terbaru Timnas. Kami me-launching jersey home terlebih dahulu,” tutur Fachry Assegaff.

“Untuk jersey away dan ketiga akan menyusul, karena saat ini masih dalam proses pengerjaan. Besar harapan kami agar masyarakat terus mendukung Timnas Indonesia,” ucapnya menutup pernyataan.