Bonek Digandeng Gubernur Jawa Timur untuk Berantas Virus Corona

Tak adanya laga Persebaya yang didukung tak membuat Bonek mati kutu. Di tengah wabah virus Corona saat ini justru menjadi wadah mereka untuk membantu masyarakat umum.

Sejak bulan lalu misalnya, salah satu komutinas Bonek, Bonek Disaster Response Team (BDRT), bergerak menyemprotkan disinfektan ke kampung-kampung.

Kini, aksi mereka dan komunitas lainnya mendapat dukungan dari orang nomor satu Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Diwakili Kasatpol PP Jatim, Budi Santosa, Khofifah menyumbangkan sejumlah peralatan dan perlengkapan yang bisa dimanfaatkan Bonek untuk berperan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

”Untuk melawan Covid-19 semua elemen harus berperan aktif. Kami memutuskan untuk menggandeng Bonek karena mereka berada di tengah-tengah masyarakat,” kata Budi di situs resmi klub.

Menurut Budi, Bonek menjadi kelompok terdekat masyarakat. Alhasil, membantu Bonek bergerak berarti membantu masyarakat umum.

”Bonek paling tahu karakter orang Surabaya, mereka pun punya jaringan di semua pelosok dan itu sangat efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini,” ucapnya.

Budi menyerahkan 20 alat semprot, 100 liter cairan disinfektan, 70 baju pelindung diri, sarung tangan, serta ribuan masker kain. Bantuan itu diserahkan ke masing-masing tribun, mulai Tribun Timur, Green Nord, Tribun Kidul Suroboyo, dan Gate Jhoner 21. halaman 2 dari 2