Pelatih Persib Mulai Gamang Shopee Liga 1 2020 Bisa Diteruskan Kembali

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 dihentikan sejak 16 Maret 2020 akibat pandemi virus corona COVID-19 yang menyerang Indonesia. Rencananya, kompetisi kasta elite akan dihentikan hingga bulan Mei 2020. Namun, jika hingga Mei nanti keadaan belum juga membaik, maka besar kemungkinan liga akan dihentikan secara total.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengaku sudah rindu dengan pertandingan sepak bola sejak liga resmi dihentikan.

“Pertandingan yang kami rindukan, karena sepak bola adalah hidup kami. Dan tentunya interaksi dengan suporter di stadion. Suporter juga merindukan hadir di stadion,” ujar Robert dikutip dari Pikiran Rakyat.

Kendati demikian, Robert memahami bahwa kondisi sekarang sangat tidak memungkinkan untuk menggelar liga kembali.

“Hanya masa depan yang bisa menjawab bagaimana kita bisa bermain sepak bola lagi. Ini masa sulit tidak hanya bagi Persib, Asia Tenggara, tapi juga mendunia.”

“Penting buat kita ikuti anjuran tetap di rumah. Beli makanan, alat keperluan rumah, dan antiseptik secukupnya,” sebut Robert.

Nakhoda asal Belanda itu tidak yakin liga dapat kembali digelar dalam waktu dekat, jika melihat kondisi saat ini di mana jumlah pasien positif COVID-19 masih terus bertambah di Indonesia.

“Semakin hari Anda menyadari pertandingan tidak akan datang dalam waktu dekat. Tapi kita harus jaga kesehatan, jaga pikiran agar tetap positif. Dan kita semua akan kembali lagi tanpa seorang pun dari kita yang terinfeksi virus,” ucap mantan arsitek Arema FC dan PSM Makassar itu.

Latihan Jarak Jauh

Persib Bandung resmi menghentikan total aktivitasnya sejak tanggal 24 Maret 2020 imbas pandemi virus corona COVID-19 yang melanda Indonesia. Latihan rutin para pemain pun digelar secara mandiri di rumah masing-masing.

“Seminggu dua kali ada latihan ketahanan tubuh. Sekali dalam seminggu ada latihan aerobik dan anaerobik. Setelahnya, mereka pemain bisa latihan masing-masing sesuai kebutuhan,” kata Robert Alberts.

Para pemain akan dipantau latihannya secara daring oleh tim pelatih. Robert Alberts cs. membuat lomba video latihan bagi para pemain.

Asisten pelatih Persib, Yaya Sunarya, memaparkan diadakannya lomba video latihan itu bertujuan untuk memotivasi para pemain berlatih di tengah situasi sulit seperti sekarang.

Ada pun video latihan yang diperlombakan adalah latihan mandiri pemain di luar latihan yang materinya disiapkan pelatih.

“Kami berusaha mengirimkan program-program, pekan perdana latihan pemulihan fisik. Pemain bisa membuat program latihan sendiri di kediaman masing-masing menyesuaikan program yang dikirimkan tim pelatih. Nantinya para pemain berlomba untuk mengirimkan video latihannya latihan mandiri sendiri, bebas apa saja. Dalam sepekan ada dua hari sesi pemulihan latihan yang bisa digunakan untuk kepentingan perlombaan,” kata Yaya di situs resmi Persib.

Para pemain Persib sejatinya sudah sering membagikan video latihan mandiri mereka di rumah masing-masing. Para pemain Maung Bandung sering membagikannya di media sosial Instagram atau Twitter. Sesekali sambil mengkampanyekan gerakan #dirumahaja demi menghindari potensi penularan virus COVID-19.