Gandeng Kemenkes, PSSI Berencana Lakukan Rapid Tes COVID-19 kepada Semua Pemain Timnas

PSSI berencana bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan rapid tes COVID-19 kepada seluruh pemain timnas Indonesia.

Dengan bekerja sama dengan Kemenkes, PSSI berharap rapid tes COVID-19 dapat dilakukan di tiap provinsi dengan bantuan Dinas Kesehatan.

Dalam hal ini, PSSI bertujuan agar para pesepak bola dapat membawa surat bebas COVID-19 dari Dinas Setempat.

Hal tersebut diucapkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ketika sedang mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi X DPR RI, Rabu (8/4/2020).

Tak hanya akan melakukan rapid tes, Iriawan juga mewajibkan untuk semua tempat pelaksanaan training camp sebelum digunakan harus disemprot dengan cairan disinfektan terlebih dahulu.

“PSSI mewajibkan bagi setiap tempat pelaksanaan training camp untuk disemprot disinfektan terlebih dahulu,” kata Iriawan dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

Lebih rinci lagi, Iriawan menyebutkan bahwa penyemprotan setidaknya dilakukan minimal dua hari sebelum para pemain masuk ke tempat latihan.

“Minimal dua hari sebelum para pemain, pelatih, dan ofisial timnas masuk,” jelas Iriawan.

Tak hanya sampai di situ, sebelum menjalani traning camp, Iriawan juga menyatakan PSSI tidak akan berhenti memberikan edukasi mengenai antisipasi virus corona kepada semua anggota tim nasional.

“Sebelum sesi training camp dilaksanakan, PSSI akan mengadakan edukasi mengenai pencegahan COVID-19 kepada para pemain, pelatih dan ofisial,” ujar Iriawan.

Selain itu, PSSI juga mengeluarkan imbauan kepada setiap klub di Indonesia untuk mengecek kesehatan para pemainnya.

Tak lupa klub-klub tersebut juga diperintahkan untuk tetap menjaga kebersihan tempat latihannya dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersana Menpora Zainudin Amali di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020).
PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersana Menpora Zainudin Amali di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020).

Bukan hanya memperhatikan kesehatan pesepak bola, PSSI juga memikirkan keadaan para karyawannya.

Kepedulian tersebut dibuktikan PSSI dengan membersihkan kantor sebelum para karyawannya mulai bekerja.

“Setelah rapid tes selesai, PSSI akan melaksanakan penyemprotan disinfektan sekali lagi terhadap lantai 12, 14 dan 15 kantor PSSI sebelum karyawan masuk kerja,” tutur Iriawan.