Tak Ada Agenda Latihan dan Pertandingan, Nova Arianto Pilih Analisis Kelemahan Timnas Indonesia

Nova Arianto memiliki cara tersendiri memanfaatkan waktu luang ketika tidak ada aktivitas bersama tim kepelatihan Timnas Indonesia.

PSSI memutuskan menghentikan sementara aktivitas Timnas Indonesia dari semua kelompok umur akibat pandemi virus corona.

Waktu luang yang dimiliki Nova Arianto kerap dimanfaatkan untuk melihat cuplikan beberapa pertandingan Timnas Indonesia diberbagai ajang yang diikuti.

Salah satu pertandingan yang menjadi pengamatan Nova Arianto ketika Timnas Indonesia U-23 berlaga di ajang SEA Games 2019 di Filipina.

“Saya mencoba melihat video-video Timnas Indonesia di SEA Games saya melihat apa sih sebenarnya kekurangan-kekurangan yang selama ini kita buat itu,” kata Nova Arianto.

Pria berusia 44 tahuh itu selalu membandingkan pengamatannya tersebut dengan hasil evaluasi dari manajer pelatih Shin Tae-yong.

Salah satu evaluasi kelemahan Timnas Indonesia adalah dari segi kondisi fisik para pemainnya.

“Setelah melihat video tersebut saya melakukan compare dengan apa yang dievaluasi coach Shin selama ini, masalah fisik atau saat game kemarin yang dilakukan oleh Timnas Indonesia,” ujar Nova.

Hasil pengamatannya tersebut menjadi catatan tersendiri dan nantinya menjadi bahan diskusi bersama tim kepelatihan skuat Garuda. (warta kota)