Manfaatkan Jeda Kompetisi Liga 2 2020, Pemain PSG Gresik Arif Suyono Buat Log Book Kepelatihan

Mantan penggawa Timnas Indonesia Arif Suyono mengaku, memiliki sejumlah aktivitas di tengah jeda kompetisi Liga 2 2020 akibat pandemi Covid-19.

Di sela-sela waktu luangnya, Arif Suyono memilih untuk berolahraga dan menemani keluarga serta membuat Log Book kepelatihan di rumah.

Waktu senggang yang dimilikinya lebih banyak digunakan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kursus kepelatihan lisensi B AFC di Bali beberapa waktu yang lalu.

Dijelaskan pemain PSG Gresik itu, tujuan dirinya membuat Log Book ialah untuk menerapkan ilmu yang didapat dari kursus kepelatihan kemarin.

“Kebetulan saya kemarin habis ikut lisensi kepelatihan B, yang mana pelajaran itu memakai komputer, nah dari situ saya belajar untuk mengisi waktu luang saya dengan membuat log book harian, bulanan, siapa tahu nantinya bermanfaat,” ujarnya.

Keseriusan mantan pemain Arema itu untuk terjun di dunia kepelatihan sepak bola di waktu yang akan datang nampaknya tidak main-main.

Hal itu dibuktikan dengan keikutsertaannya mengikuti beberapa kali kursus kepelatihan, yang mana saat ini dirinya sudah mengantongi lisensi kepelatihan B AFC.

Baginya, mempersiapkan masa pensiun di waktu yang akan datang, harus dimulai sekarang.

“Dengan usia saya yang sudah seperti ini saya harus berpikir kedepan, dan menyiapkannya mulai sekarang,” pungkasnya.