Di Era Liga 1, Tak Ada Pemain Persib Bandung yang Secanggih Wander Luiz

Tidak ada pemain Persib Bandung di era Liga 1 yang berhasil mencetak empat gol di tiga laga awal seperti Wander Luiz di Shopee Liga 1 2020.

Wander Luiz menjelma menjadi penyerang terhebat yang dimiliki Persib Bandung pada gelaran Shopee Liga 1 2020.

Datang dengan statistik yang kurang bagus selama berlaga di Liga Vietnam, pemain asal Brasil itu justru menjadi top scorer sementara Liga 1 musim ini.

Kehebatan Wander Luiz di lini depan Persib Bandung dibuktikan lewat torehan empat gol dan dua assist dalam tiga pekan pertama Shopee Liga 1 2020.

Empat gol itu berasal dari dua gol ke gawang Persela Lamongan di pekan pertama, satu gol ke gawang Arema FC di pekan kedua, dan satu gol yang mengantarkan Persib menang atas PSS Sleman di pekan ketiga.

Catatan impresif Wander Luiz tak berhenti sampai di situ.

Pemain yang baru pertama kali merumput di Indonesia ini bisa dikatakan sebagai striker paling canggih yang dimiliki Persib di awal musim sejak Liga Indonesia berganti nama menjadi Liga 1.

Sejauh ini, Wander Luiz menjadi satu-satunya pemain Persib Bandung yang mampu mencetak empat gol di tiga laga awal sejak Liga 1 2017.

Di bawah Luiz, ada tiga nama yang berhasil mengemas dua gol dalam tiga pekan pertama kompetisi.

Atep Rizal menjadi pemain pertama Persib yang berhasil mengemas dua gol dalam tiga pertandingan awal pada Liga 1 2017.

Dua gol itu diciptakan Atep ketika menghadap PS TNI di pekan kedua dan Sriwijaya FC di pekan ketiga.

Dalam laga kontra PS TNI, Sabtu (22/4/2017), Atep mampu melesakkan bola ke gawang lawannya pada menit ke-52 dan membawa Persib unggul 2-0.

Sayang, Maung Bandung saat itu harus puas bermain imbang 2-2 setelah PS TNI mengejar ketertinggalan lewat gol Erwin Ramdani (88′) dan Gustur Cahyo (90′).

Sedangkan dalam laga kontra Sriwijaya FC, Sabtu (29/4/2017), Atep membuka kemenangan Persib lewat gol yang diciptakannya pada menit ke-12.

Persib kemudian menang dengan skor 2-0 setelah Febri Hariyadi menambah satu gol pada menit ke-77.

Pada Liga 1 2018, Ezechiel N’Douassel menjadi satu-satunya pemain Maung Bandung yang bisa mencetak dua gol di tiga pertandingan awal.

Pemain timnas Chad itu mencetak gol pembuka Persib pada menit ke-32 dalam laga pekan pertama melawan PS TNI, Senin (26/3/2018).

Sayangnya, gol balasan Aleksandar Rakic pada menit ke-90 membuyarkan kemenangan pasukan Mario Gomez.

Ezechiel kembali mencetak gol bagi Persib ketika bertemu dengan Sriwijaya FC di pekan kedua, Minggu (1/4/2018).

Gol itu juga menjadi satu-satunya gol Maung Bandung yang dikalahkan tuan rumah dengan skor 1-3.

Pemain terakhir yang pernah mencetak dua gol dalam tiga pekan pertama kompetisi adalah Artur Gevorkyan.

Torehan itu dicatatkan ketika Persib menjamu Persipura Jayapura pada pekan pertama Shopee Liga 1 2019, Sabtu (18/5/2019).

Artur menjadi pahlawan kemenangan Persib setelah berhasil mencetak dua gol pada menit ke-45 dan 63′.

Kemenangan 3-0 tim besutan Robert Alberts atas pasukan Luciano Leandro dilengkapi dengan gol Febri Hariyadi pada menit ke-67.

Sayangnya penampilan Artur yang tak konsisten membuat pemain asing asal Turkmenistan itu harus didepak dari skuad Maung Bandung pada bursa transfer putaran kedua.