Barito Putera Siapkan Pemain Lokal Banjarmasin untuk Promosi di Liga 1

Barito Putera seolah tak pernah kehilangan potensi pemain muda di setiap musim. Kali ini, seiring dengan kompetisi Shopee Liga 1 2020, pelatih Djajang Nurdjaman menyiapkan satu talenta muda asli Banjarmasin untuk debut di tim senior bersama Rizky Pora cs.

Adapun pemain muda yang dimaksud adalah Muhammad Rafly Ariyanto, pemain jebolan Barito Putera U-18 yang piawai di sektor sayap kiri, dan menjadi top skorer klub di kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-18 2019. Rafly dipanggil untuk turut serta dalam program latihan Laskar Antasari.

“Di level U-16 dan U-18, dia cukup bagus. Sekarang Rafly adalah rencana masa depan Barito Putera. Semoga dengan berlatih dan bergabung di tim senior, memberikan motivasi bagi dia agar lebih baik,” ucap asisten pelatih Barito Putera, Yunan Helmi beberapa waktu lalu.

Usai bergabung dalam sesi latihan tim, Rafly mengaku tertantang untuk menunjukkan kemampuannya dan melirik peluang untuk langsung menjajal kompetisi Shopee Liga 1 2020. Namun, andai ia belum bisa masuk dalam skuat inti, Rafly percaya diri bisa berkontribusi maksimal di tim Barito Putera U-20.

“Kalau dipercaya buat main di tim senior, ya saya siap saja, tapi saya juga harus fokus. Kalaupun belum bisa di senior, saya juga kan masih bisa main di tim U-20 ya, tahun ini masih ada Elite Pro Academy U-20,” ucap Rafly Ariyanto seperti dilansir dari laman resmi klub, Jumat (03/04/20).

Sayangnya, langkah Rafly Ariyanto untuk debut di tim senior sempat mengalami kendala, seiring dengan adanya penundaan kompetisi Liga 1 oleh PSSI. Saat ini, alumni SMA Korpri Banjarmasin itu memilih untuk latihan mandiri, sembari menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus Corona.

“Semoga virus ini cepat selesai, jadi kan liga cepat berjalan lagi ya. Untuk sekarang saya aktivitasnya paling bantu bersih-bersih rumah, lalu latihan setiap sore di depan rumah sama adik saya. Saya juga selalu jaga kebersihan, kalau habis keluar rumah, pulangnya langsung mandi, dan selalu pakai handsanitizer,” pungkasnya.

Selain Rafly Ariyanto, Barito Putera juga mempromosikan sejumlah pemain muda jebolan Liga 1 U-18, yakni Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, David Maulana, dan Yudha Febrian. Namun, hanya Bagas yang sudah menjalani debut di kompetisi Shopee Liga 1 2020, sementara Bagus dan David masih berada di Inggris.