Covid-19 Sulitkan Pelatih Susun Program Latihan Timnas Indonesia

Asisten pelatih tim nasional Indonesia, Nova Arianto, mengatakan pandemi virus corona atau persoalan Covid-19 menyulitkan para pelatih untuk menyusun program latihan timnas senior dan U19.

Pandemi virus corona yang meluas di Indonesia membuat semua kompetisi olahraga dihentikan sementara, termasuk sepak bola.

Lebih lanjut, physical distancing yang diberlakukan pemerintah pun membuat para pesepak bola tidak bisa melakukan latihan bersama seperti biasanya.

Hal tersebut dinilai asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto, sedikit menyulitkan para pelatih dalam mengatur program latihan yang ideal bagi para pemain.

“Situasi ini sedikit membingungkan staf pelatih. Jadi untuk sementara programnya masih ditangguhkan dahulu sambil melihat perkembangan ke depan,” kata Nova Arianto yang dikutip dari Antara.

Nova mengatakan penyusunan program harus berdasarkan arahan dari manajer pelatih timnas sekaligus pelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Oleh karena itu, selama program latihan belum tersusun, para pemain yang pernah dipanggil timnas senior dan U19 diminta untuk berlatih mandiri di tempat tinggal masing-masing.

Para pesepak bola tersebut tetap dituntut untuk menjaga kebugaran tubuh agar siap ketika dipanggil ke skuad Garuda.

“Semoga para pemian bisa menjalani latihan di rumah dengan semaksimal mungkin,” ucap Nova.

Bukan hanya soal latihan mandiri, Shin Tae-yong dan staf pelatih lainnya juga meminta para pemain untuk menjaga asupan makanan selama berada di rumah masing-masing.

Nova menjelaskan bahwa para pesepak bola tersebut harus menghindari goreng-gorengan untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit.

Timnas U19 Indonesia sedianya menjalani pemusatan latihan pada pertengahan Maret 2020, tetapi dibatalkan karena penyebaran pandemi virus corona.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memproyeksikan timnas U19 tampil pada Piala Dunia U20 tahun 2021 yang berlangsung di Indonesia.

Namun, sebelum bertanding pada Piala Dunia U20, timnas U19 rencananya bakal tampil pada Piala AFF U19 dan Piala Asia U19 tahun 2020.

Sementara itu, timnas senior seharusnya menjalani pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret dan Juni 2020 yang juga ditunda karena pandemi virus corona. Jika situasi membaik, pertandingan tersebut rencananya kembali bergulir pada Oktober.

Indonesia dijadwalkan akan melakoni laga tandang melawan Thailand pada 8 Oktober 2020 dilanjutkan dengan menjamu Uni Emirat Arab (13 Oktober) dan bertandang melawan Vietnam pada 12 November 2020.

Sumber: Kompas