Rian Firmansyah Merasa Bemimpi, Gabung Bali United dan Satu Tim dengan Stefano Lilipaly

Gelandang muda Bali United, Muhammad Rian Firmansyah, tidak pernah menyangka bisa bergabung dengan klub besar asal Pulau Dewata.

Bali United, sebuah klub yang berstatus juara bertahan Shopee Liga 1 2020 sekaligus bertabur pemain bintang seperti Stefano Lilipaly.

Bagi Rian, Stefano Lilipaly adalah sosok idola dan panutan yang memotivasinya menggeluti sepak bola.

Berawal dari menyaksikan lewat layar televisi, mimpi seorang anak muda dari Pontianak, Kalimantan Barat ini perlahan menjadi nyata.

“Awalnya seperti sebuah mimpi dapat bergabung dengan tim besar sekelas Bali United. Apalagi ada nama besar seperti Stefano Lilipaly dan pemain senior lainnya,” kata Rian dikutip situs resmi klub.

“Semua hal ini tentu menjadikan motivasi buat saya untuk selalu bekerja keras dalam latihan agar suatu saat mendapat kesempatan bermain,” ujar pemain yang pernah berseragam tim asal Malaysia, Serawak FA. Bergabung dengan klub sekelas Bali United, tentu banyak hal yang bisa dia pelajari.

Terutama suasana latihan penuh dengan disiplin dan karakter kuat tiap pemain, seperti halnya Stefano Lilipaly.

“Lilipaly adalah pemain profesional yang punya pribadi yang baik. Secara permainan, dia sangat konsisten saat latihan maupun pertandingan,” kata dia.

“Dia juga selalu memberikan masukan kepada saya mengenai mental sebagai seorang pemain bola. Banyak hal positif yang saya pelajari dari dia untuk karier saya ke depannya,” ujarnya.

Akan tetapi, waktu belajar dari sosok idola harus tertunda karena virus corona atau Covid-19 yang menyebar ke seantero Planet Bumi.

Kendati demikian, dia tidak ingin melewati hari libur karena Covid-19 dengan percuma. Rian tetap berlatih di rumah sendiri.

“Saat ini saya di Pontianak dan kegiatan saya lebih banyak membantu orang tua berjualan di depan rumah,” ujarnya.

“Selain itu, program latihan fisik dari tim pelatih seperti saat di Bali juga saya jalankan agar kondisi tetap prima,” terang Rian. Bali United saat ini mengarungi dua kompetisi bersamaan, yakni Piala AFC 2020 dan Shopee Liga 1 2020. Akan tetapi, kedua kompetisi tersebut mengalami penundaan akibat wabah virus corona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Seperti Mimpi, Gabung Bali United dan Satu Tim dengan Stefano Lilipaly”