Pulang ke Korsel, Shin Tae-yong Punya Misi untuk Timnas U-19 Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan untuk kembali ke negaranya, Korea Selatan.

Shin Tae-yong dijadwalkan akan melakukan penerbangan ke Korea Selatan pada Jumat (3/4/2020) malam WIB.

Shin Tae-yong kembali ke Korea Selatan bersama beberapa staf pelatih timnas Indonesia.

Mereka adalah Kim Hae-woon, Ko Gyun-gyun, Woo Jae-kim, dan Jae-hong Lee.

Shin Tae-yong dan rekan-rekannya sudah disetujui oleh PSSI untuk kembali ke Korea Selatan.

Sebelumnya, Shin Tae-yong dan koleganya sempat tinggal di Indonesia sejak akhir Februari setelah kompetisi sepak bola dihentikan oleh PSSI akibat virus corona.

“Saya akan kembali ke Korea Selatan dan mencari tahu apakah saya bisa membawa timnas U-19 Indonesia ke Korea Selatan setelah kami gagal melakukan pemusatan latihan selama dua minggu terakhir,” kata Shin Tae-yong seperti BolaSport.com kutip dari Busan.com.

Sebelumnya Shin Tae-yong memang berencana untuk menggelar pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia pada pertengahan Maret 2020.

Eks pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sudah mengumumkan sejumlah pemain yang dipanggil, namun batal terlaksana karena pandemi virus corona di Indonesia.

“Terkait berlatih di Korea Selatan, saya akan berbicara dengan PSSI terlebih dahulu,” kata Shin Tae-yong.

Sebelum kembali ke Indonesia, Shin Tae-yong sudah menyumbang uang sebesar 20 ribu dollar atau setara Rp 330 juta kepada PSSI atau Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) untuk melawan virus corona di Tanah Air.

Itu menjadi sumbangan kedua Shin Tae-yong setelah sebelumnya ia mengeluarkan uang pribadinya sebesar 120 juta won atau setara Rp 1,6 miliar untuk memberikan donasi kepada petugas medis di Daegu, Korea Selatan, demi melawan virus corona.