Nico Rindu Latihan Bareng Persija Setelah Garuda Select Pulang Lebih Awal dari Inggris

Penyerang Persija Jakarta U18, Alfriyanto Nico Saputro yang mengikuti program Garuda Select di Inggris pulang ke tanah air, Kamis (26/3/2020).

Nico memutuskan pulang ke Indonesia lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan.

Sejatinya, penggawa Garuda Select masih memiliki program latihan dan uji coba di Inggris 23 April mendatang.

Namun, pandemi virus Corona membuat federasi sepak bola Inggris (FA) melarang segala bentuk kegiatan sepak bola di Inggris untuk meminimalisir penyebaran.

Terlebih pemerintah Inggris menetapkan lockdown pada awal pekan ini.

“Ya pulang lebih cepat karena pemerintah Inggris juga menetapkan lockdown maka dari itu kita harus pulang.”

“Pengalaman yang luar biasa dapat belajar sepak bola di Inggris dan Italia selama enam bulan.”

“Semoga menjadi pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga,” ujar Nico dikutip dari laman resmi Persija.

Setelah tiba di tanah air, Nico langsung memutuskan untuk pulang ke daerah asalnya, Solo.

“Saya langsung pulang ke Solo. Tapi saya akan mengisolasikan kan diri dari orang-orang rumah mengingat saya baru pulang dari perjalanan jauh,” tambahnya.

Lebih lanjut, penyerang yang mencetak 8 gol bersama Garuda Select ini berharap masalah corona ini cepat berakhir mengingat ia sudah tidak sabar berlatih dengan kawan-kawannya di Persija EPA.

“Ya tentunya saya berharap bisa kembali latihan bersama Persija.”

“Sudah enam bulan juga sudah tidak berjumpa dengan kawan-kawan.”

“Saya harap ini cepat berakhir dan kita bisa mempersiapkan diri untuk kompetisi,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, para pemain Garuda Select angakatan kedua dijadwalkan pulang ke Indonesia lebih cepat dari rencana semula.

Menurut rencana, Kakang Rudianto dan kawan-kawan akan bertolak ke Indonesia dari Birmingham, Inggris, pada Rabu (25/3/2020) waktu setempat.

Jadwal kepulangan para pemain Garuda Select lebih cepat dari rencana semula, yakni kembali pada akhir bulan April 2020 mendatang.

Salah satu alasan kepulangan para pemain Garuda Select angkatan kedua ke Indonesia lantaran virus corona yang melonjak tinggi di Inggris.

Selain itu, keputusan pulang lebih cepat mempertimbangkan Inggris yang akan memberlakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Hari ini anak-anak Garuda Select akhirnya kembali ke tanah air. Musim yang harus berakhir lebih awal karena kondisi yang sedang dialami oleh hampir semua negara di dunia,” tulis keterangan resmi Garuda Select, Rabu (25/3/2020).

Meski begitu, para pemain Garuda Select tetap mendapatkan banyak pengalaman berharga ketika menimba ilmu di Benua Biru.

Tim asuhan Dennis Wise dan Des Walker itu melakukan pertandingan uji coba melawan tim-tim besar di Inggris dan Italia.

“Meskipun berakhir lebih cepat, tapi 6 bulan berguru di Inggris dan Italia membuat pemain-pemain ini berkembang jauh baik secara skill dan mental. Sebuah pengalaman berharga yang akan dibawa dalam karir sepakbolanya dan seumur hidup mereka.”

Pengalaman berharga yang didapat dari program Garuda Select di Inggris dan Italia bisa dimanfaatkan oleh para pemain dalam menjalani karier sepak bola ke depannya.