Wander Luiz Positif Corona, Sang Ayah Ikut Tes

Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani memastikan ayah Wander Luiz sudah menjalani tes, Minggu (29/03/20) untuk mengetahui kondisi yang bersangkutan terpapar virus corona (covid-19) atau tidak.

Menurut Rafi, sebelumnya ayah striker tim Persib tersebut tidak akan menjalani tes, lantaran kondisinya bugar dan tidak ada keluhan. Hanya saja, yang bersangkutan sering kontak dan tinggal bersama Wander Luiz, selain itu ada beberapa pertimbangan lain sehingga diputuskan untuk dites.

Sebagai informasi, sebelumnya Wander Luiz dinyatakan positif virus corona pada Jumat (27/03/20), setelah menjalani tes di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (26/03/20) bersama beberapa pemain Persib lainnya. Tersebut dilakukan oleh petugas dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

“Nah orang terdekat dengan Wander Luiz kan orang tuanya, bapaknya, ke Bali satu apartemen, satu tempat tinggallah ya. Kemarin tadinya saya tidak akan melakukan pemeriksaan lagi untuk bapaknya. Dianggap sama dengan Wander Luiz, karena enggak ada gejala, makanya cukup isolasi mandiri,” kata Rafi, Senin (30/03/20).

Rafi menambahkan, sebelum memutuskan untuk memeriksa ayah Wander Luiz, pihaknya sempat koordinasi lebih dulu dengan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

“Tapi setelah saya pikir lagi, saya ngobrol sama manajemen Pak Teddy, Pak Glenn, Umuh, Zaenuri. Duh dia kan orang tuannya warga negara asing.”

“Saya khawatir bilamana di kemudian hari ada apa-apa sama orang ini kita tidak mengetahui diagnosa secara dini. Apakah terinfeksi covid negatif atau positif, maka saya meminta untuk dilakukan pemeriksaan PCR ke Labkesda dan Alhamdulillah di-ACC,” ungkapnya menambahkan.

Hasil tes yang dijalani ayah Wander Luiz menurut Rafi belum diketahui, karena rencanannya hasil tersebut baru diumumkan pada Selasa (31/03/20). Meski begitu, yang bersangkutan tetap menjalani isolasi mandiri.

“Kemarin dilakukan pemeriksaan, hasilnya baru keluar besok (hari ini),” jelas dokter yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara ISL 2014 ini.

Sementara itu, Rafi membeberkan kondisi Wander Luiz, menurutnya pemain asal Brasil itu tetap bugar. Karena, sejak dinyatakan positif covid-19 Wander Luiz tidak mengalami keluhan dan menjalankan prosedur kesehatan dengan baik.