Hadapi Pandemi Corona, Gelandang Persib: Berdoa, Sabar, dan Tenang

Gelandang tim sepak bola Persib Bandung, Abdul Aziz berusaha tenang dan menjalankan instruksi yang diberikan pemerintah di tengah pandemi corona.

Menurut pemain jebolan Diklat Persib ini, dengan menjaga pola hidup sehat seperti sering cuci tangan dan diam di rumah, bisa mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Jika, seluruh orang bisa menjalankan arahan tersebut, Aziz optimistis penyebaran virus corona cepat berakhir dan masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan normal, serta kompetisi sepak bola bergulir kembali.

“Berdoa, bersabar dan tetap tenang untuk saat ini. Ikuti juga arahan para ahli untuk bisa kembali bermain sepak bola lagi,” kata Aziz dikutip dari situs resmi Persib, Senin (30/03/20).

Saat ini kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dihentikan sementara, setelah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan arahan langsung ke PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Arahan yang tertulis dalam surat PSSI yang bernomor 1038/UDN/606/III-2020 itu menjelaskan PSSI resmi menghentikan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan.

Hal tersebut, menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terkait penyebaran virus korona atau Covid-19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga.

Keputusan tersebut, membuat Persib meliburkan aktivitasnya hingga batas waktu yang belum ditentukan dan mayoritas pemain saat ini memilih untuk pulang ke kampung halamannya.

Menurut Aziz, dihentikannya kompetisi membuat pemain merasa jenuh. Meski begitu, mantan pemain Persiba Balikpapan dan PSMS Medan ini berusaha menghilangkan kejenuhan dengan menjalankan program latihan mandiri di rumah.

“Jenuh sedikit pasti ada, tapi ini demi kebaikan semua. Latihan dan menjaga kebugaran bisa menjadi aktivitas untuk mengurangi kejenuhan,” ungkap Aziz.

Sementara itu, Persib sebelum meliburkan aktivitasnya, sempat menggelar latihan selama sepakan dengan intensitas sedang. Selain itu, skuat Maung Bandung juga sempat menggelar latih tanding menghadapi Bandung United.