Kondisi Fisik Witan Sulaiman Dinilai Cocok dengan Kriteria Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

Witan Sulaiman dinilai cocok dipanggil timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong karena kondisi fisiknya.

Penilaian ini disampaikan oleh jurnalis Thailand, Phongrat Winai Watthanawong dalam sebuah kolom di StadiumTH.com.

Witan Sulaiman dinilai layak dipanggil timnas Indonesia karena memiliki fisik di atas rata-rata pemain Indonesia setelah berlatih di Serbia.

“Berdasarkan suasana latihan di Serbia, maka bisa membuat kondisi fisik Witan Sulaiman lebih baik ketimbang pemain timnas Indonesia lainnya saat ini,” tulisan di StadiumTH.

“Sehingga ini adalah alasan cukup untuk Shin Tae-yong memasukkan namanya di skuat Timnas Indonesia saat berlaga melawan Thailand,” tambahnya.

Witan Sulaiman saat ini membela klub asal Serbia, FK Radnik Surdulica.

Diperkenalkan sejak Februari 2020, Witan belum pernah mencicipi laga debut bersama klub barunya itu.

Liga Serbia juga ikut diberhentikan karena pandemi virus Corona yang melanda dunia.

Sementara, Witan diketahui telah pulang ke Indonesia saat ini.

Pada pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Chiang Mai, Thailand, pada akhir Januari 2020 lalu, Shin Tae-yong pernah mengkritik habis fisik pemain Indonesia.

Ia tak ragu menyebut bahwa pemain Indonesia hanya mampu bermain selama 20 menit.

“Secara fisik sangat kurang. Setelah menit ke-20, para pemain terlihat capai. Karena itu, di Chiang Mai kami berkonsentrasi meningkatkan kemampuan fisik,” kata mantan pemain timnas Korsel berusia 50 tahun itu.

Shin Tae-yong pun menekankan banyak hal mendasar harus diperhatikan para pemain tim Merah Putih.

Misalnya keseimbangan jumlah dan intensitas latihan, asupan nutrisi serta waktu pemulihan atau istirahat yang tepat untuk mengurangi risiko cedera serta meningkatkan kinerja pemain.

“Penting juga terkait pemilihan sepatu bola yang tepat sesuai posisi pemain. Ini hal kecil tapi membuat perbedaan sangat besar,” kata Shin.

Jika tidak ditunda, seharusnya laga antara Thailand Vs Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia digelar pada Kamis (26/3/2020).

Namun virus Corona telah menjadi pandemi, dan seluruh ajang olahraga mengalami penundaan.

Federasi sepak bola dunia, FIFA, memutuskan untuk menunda semua jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang sedianya digelar pada Maret dan Juni 2020.

Menurut pertemuan darurat AFC pada 2 Maret lalu, ada wacana menunda laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Oktober hingga November 2022.

Khusus untuk pertandingan timnas Indonesia melawan tuan rumah Thailand yang dijadwalkan pada 26 Maret 2020 ditunda menjadi 8 Oktober 2020.