Utamakan Terhindar dari Covid-19, Aji Santoso Maklumi ASEAN Club Championship Ditunda Tahun Depan

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memaklumi Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) akhirnya menunda pelaksanaan ASEAN Club Championship (ACC) 2020.

Ajang ini rencananya akan dipindah pada 2021 mendatang.

Disampaikan Aji Santoso, di tengah semakin meluasnya dampak virus Corona atau Covid-19 hingga saat ini, penundaan ACC dinilainya menjadi keputusan tepat.

“Karena menurut saya, memang sekarang bisa dikatakan untuk pencegahan dan menghindari virus Corona lebih penting dari sepak bola,” terang Aji Santoso, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, atas situasi yang terus memburuk akibat virus Corona, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunda kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 hingga batas waktu yang tak ditentukan.

Akibatnya, Persebaya Surabaya dan sebagian besar kontestan Liga 1 2020 sudah meliburkan pemainnya.

Dalam situasi yang genting seperti saat ini, Aji Santoso menegaskan, kesehatan adalah yang utama.

Sebab tak hanya bagi atlet pesepak bola, semua olahraga dan bidang apapun akan berjalan dengan baik jika ditopang dengan tubuh yang sehat.

“Pasti yang utama itu sehat. Walaupun tanpa virus Corona, kesehatan itu sangat penting, karena dengan kesehatan, kami bisa melakukan apa saja,” pungkas pelatih 49 tahun itu.

AFF memutuskan untuk menunda ACC 2020 menjadi tahun depan setelah dampak wabah virus Corona masih menjangkiti negara-negara ASEAN.

Keputusan ini juga sebagai upaya dan tanggung jawab AFF untuk ikut memerangi virus tersebut.

Apalagi, dengan masih meluasnya wabah virus Corona, sejumlah kompetisi di negara-negara ASEAN diberhentikan sementara hingga waktu tak ditentukan, menyulitkan klub dalam ketidakpastian kompetisi kapan akan bergulir.

“Melihat situasi terkini, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan pada jadwal jika perlu,” terang Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dalam situs resmi AFF.

“Dalam setiap keputusan yang kami buat, AFF akan selalu memprioritaskan keselamatan anggota kami,” tambahnya.

ASEAN Club Championship adalah turnamen lama yang diputar kembali.

Ajang ini pernah berlangsung dua kali, 2003 dan 2005, dimana Kingfisher East Bengal (India) dan Tampines Rovers (Singapura) keluar sebagai juara.

Musim ini, rencana awal akan bergulir sejak pertengahan tahun 2020 mendatang, dimana Indonesia menempatkan dua wakilnya, Bali United dan Persebaya Surabaya, juara dan runner-up Liga 1 2019 lalu.

Selain ASEAN Club Championship, atas dampak virus Covid-19, empat ajang sepak bola ASEAN juga ditunda. Yaitu Piala AFF Wanita, Piala AFF Wanita U-18, Piala AFF U-16, dan Piala AFF U-19.