Wabah Corona, Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Ditunda

Wabah Virus Corona membuat Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) bergerak cepat dengan menunda beberapa kejuaraan termasuk Piala AFF U-16 dan U-19 yang sedianya digelar di Indonesia. Seperti dilansir laman resmi AFF, Kamis (26/3), selain dua kejuaraan tersebut, pelaksanaan Piala AFF Putri U-18 di Indonesia juga bakal ditunda. Satu kejuaraan lagi yang ditunda adalah Piala AFF Putri di Vietnam.

Sesuai rencana, Piala AFF U-16 di Indonesia digelar pada Juli 2020. Sementara sebulan berikutnya, sekitar Agustus 2020 berlanjut ke Piala AFF U-19. Sedangkan untuk Piala AFF Putri U-18 bakal berlangsung Juni.

“Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi di seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepak bola kami, tetapi kami akan melewatinya bersama,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, PSSI juga resmi menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 dan 2 hingga waktu yang tidak ditentukan. Keputusan menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo terkait penyebaran Covid-19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan instruksi langsung melalui surat kepada PT Liga Indonesia Baru pada 18 Maret 2020 terkait penghentian kompetisi. Surat ini juga ditembuskan ke Menpora, Ketum Koni, dan para klub peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2.

“Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan,” kata Iriawan dalam surat yang ditujukan untuk Direktur Utama PT LIB –seperti dilansir laman pssi.org (22/3)..

“Pencabutan atas penghentian Shopee Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” tambahnya. (Timlo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.