Kata Robert Alberts soal Penangguhan Liga 1 2020

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, angkat bicara terkait kembali ditangguhkannya gelaran Shopee Liga 1 2020, kasta tertinggi Liga Indonesia.

Sebelumnya, gelaran Liga 1 2020 memang telah ditangguhkan, tetapi hanya selama dua pekan, terhitung sejak Senin (16/3/2020).

Namun, semakin maraknya penyebaran virus corona di Tanah Air membuat PSSI mengambil keutusan untuk menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Keputusan tersebut tertulis dalam Surat Arahan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), tertanggal 18 Maret 2020.

“Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan,” tulis Ketum PSSI dalam surat arahan kepada Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” demikian instruksi Mochamad Iriawan.

Menanggapi situasi tersebut, Robert Rene Alberts memilih untuk menunggu keputusan resmi dari PT LIB selaku operator Liga 1, terkait kelanjutan kompetisi.

“Sebelum latihan, Minggu (22/3/2020), saya bicara dengan Teddy (Direktur PT PBB), klub menerima surat tanggal 21 Maret yang memberitahukan situasi krisis di Indonesia diperpanjang sampai 29 Mei, tetapi kami belum menerima keputusan resmi dari LIB,” ucap Robert, dikutip dari Tribun Jabar.

“Kami tak punya rencana karena harus menunggu informasi dan keputusan resmi,” tutur dia menambahkan.

Sambil menunggu keputusan PT LIB, Persib telah menggelar satu kali latih tanding kontra Bandung United.

Kesempatan uji coba itu digelar pada Minggu (22/3/2020) sore WIB, di Inspire Arena, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Hasilnya, Persib menang dengan skor telak 4-1.

Setelah menggelar latih tanding, Robert memberi kesempatan libur kepada anak asuhannya selama satu hari.

Kemudian, para penggawa klub berjuluk Maung Bandung itu rencananya akan kembali berlatih pada Selasa (24/3/2020).

Selain untuk menjaga kebugaran para pemain, sesi latihan ini digelar sebagai persiapan menjelang lanjutan pekan keempat Liga 1 2020 kontra Persita Tangerang.

Namun, jadwal pertandingan tersebut masih belum bisa dipastikan setelah PSSI mengirim arahan untuk menghentikan sementara gelaran kompetisi.

Sementara itu, PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 2020 dilakabarkan telah melakukan kajian dan langsung bersurat kepada semua klub peserta.

Dalam surat yang dikirimkan ke klub per tanggal 21 Maret 2020 itu, PT LIB meminta semua peserta Liga 1 dan Liga 2 2020 untuk memberikan masukan terkait kelanjutan pelaksanaan kompetisi musim 2020.

Masukan tersebut termasuk penentuan penjadwalan dan izin keamanan dengan mengacu kebijakan dan keadaan persebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.