Kompetisi Libur Sementara, Ini Aktivitas Wasit FIFA Asal Kudus

Wasit berlisensi FIFA asal Indonesia, Dwi Purba Adi Wicaksana, untuk sementara harus vakum dari aktivitas memimpin kompetisi karena dampak antisipasi virus corona.

Kompetisi sepak bola Indonesia baik Liga 1 maupun 2 saat ini diliburkan sementara. Dampak kasus penyebaran virus Corona membuat PSSI mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan kompetisi selama dua pekan atau hingga akhir bulan ini.

Sebagian besar pelaku sepak bola terutama diberikan waktu libur oleh masing-masing klub. Tak terkecuali wasit berlisensi FIFA asal Indonesia, Dwi Purba Adi Wicaksana, yang sementara vakum dari aktivitas memimpin kompetisi.

“Kegiatan sekarang paling utama penjagaan kondisi fisik dan stamina. Latihan kadang pagi dan sore di Kudus mas,” ungkap Purba saat berbincang dengan INDOSPORT, Jumat (20/03/20).

Beberapa metode latihan dia jalani bersama rekan-rekan seprofesi asal Kudus. Mulai latihan fisik hingga teknik-teknik memimpin pertandingan dan gerakan antisipasi yang lain.

“Apalagi semua agenda sepak bola nasional libur sampai 30 Maret nanti dan menunggu tindaklanjut dari federasi diperpanjang atau dimulai lagi. Jadi sekarang fokus menjaga kebugaran dulu,” ujar wasit asal Desa Jati Wetan, Jati, Kudus itu menambahkan,

Selain menjadi wasit sepak bola, sosok lulusan FPOK Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu juga seorang guru. Purba merupakan guru olahraga di SMP Bhakti Praja, Kudus.

“Biasanya seminggu tiga kali mengajar di semua kelas. Namun sekarang baru diliburkan selama dua pekan karena kasus Corona,” ujar dia.

Selain Dwi Purba, total ada lima wasit asal Indonesia yang sudah memegang lisensi FIFA. Mereka Aprisman Aranda, Fariq Hitaba, Thoriq Alkatiri, dan Yudi Nurcahya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.