Hendri Susilo dan Joko Susilo, 2 Sahabat yang Nyaris Bersatu di Persiraja

Perjalanan karier Joko Susilo di Shopee Liga 1 2020 sangat menarik. Sebelum resmi melatih Persik, sebenarnya jauh hari Joko sempat ditawari sahabatnya, Hendri Susilo untuk bergabung di Persiraja Banda Aceh.

Hendri butuh Joko karena masalah lisensi. Ajakan Hendri kepada Joko adalah untuk memenuhi regulasi yang ditetapkan PT LIB bahwa pelatih kepala harus memiliki lisensi AFC Pro. Lisensi Hendri masih A AFC, sedangkan Joko sudah AFC Pro.

Namun, musim ini Hendri masih bisa jadi pelatih kepala di Laskar Rencong, karena aturan dari LIB pelatih kepala cukup A AFC.

“Saya memang ajak Getuk (panggilan akrab Joko Susilo) ke Persiraja. Dia juga sudah sanggup. Persiraja hanya telat sekian jam, karena Getuk telah menerima tawaran Persik. Saya pilih Joko, karena dia pelatih pintar dan teliti. Kami juga bersahabat dekat,” kata Hendri.

Pernyataan pria yang tinggal di Kota Batu Malang ini dibenarkan Joko Susilo.

“Benar. Waktu itu, Hendri mengajak ke Persiraja, dan saya juga sedang menunggu kabar dari Persik. Tapi, dalam hati saya sudah berniat. Siapa yang lebih dulu, saya akan melatih klub itu. Ternyata Persik lebih dulu. Berselang satu jam, pihak Persiraja menelpon saya,” tutur Getuk.

Akhirnya, baik Hendri maupun Joko pun legawa. “Kami hanya bisa berencana. Tapi, Allah SWT belum menjodohkan kami di Persiraja. Semoga Getuk sukses di Persik,” ucap Hendri.