Liga 1 2020, Awal Musim Terbaik Persib dalam 19 Tahun Terakhir

Persib Bandung memulai kompetisi Liga 1 2020 dengan awalan yang baik. Tiga laga sudah dilakoni klub berjulukan Maung Bandung itu dengan hasil sapu bersih kemenangan.

Persib mencatatkan kemenangan atas Persela Lamongan (3-0), Arema FC (2-1), dan PSS Sleman (2-1).

Dengan torehan tersebut, Persib berhak menempati posisi puncak klasemen dengan poin sempurna, sembilan.

Maung Bandung juga tercatat sebagai satu-satunya kontestan Liga 1 2020 yang mampu mencatatkan kemenangan dalam tiga lada awal kompetisi. Persib juga menyamai pencapaian Bali United pada musim lalu.

Selain itu, bagi Persib, ini menjadi awal musim terbaik mereka dalam 19 tahun terakhir.

Sebelumnya, Persib juga sempat mencatatkan kemenangan beruntun dalam tiga pertandingan awal pada kompetisi Liga Indonesia musim 2001.

Kala itu, Maung Bandung berhasil mengalahkan PSP Padang, Persiraja Banda Aceh, dan PSMS Medan.

Sayangnya, pada pertandingan keempat, Persib hanya mampu meraih hasil imbang 0-0 dengan Persikota Tangerang.

Tidak hanya itu, para pemain Persib pun mencatatkan statistik gemilang dalam tiga pertandingan awal pada Liga 1 2020.

Misalnya, Wander Luiz yang sejauh ini berkontribusi mencetak empat gol untuk Persib. Dengan torehan tersebut, penyerang asal Brasil itu menduduki posisi pertama daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 2020.

Kemudian, ada juga Teja Paku Alam yang menduduki posisi pertama dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak. Dari dua pertandingan, Teja sudah melakukan 14 penyelamatan.

Catatan impresif yang dibukukan Persib dalam tiga laga awalnya pada Liga 1 2020, tak ayal membuat ekspektasi bobotoh terhadap prestasi tim pada musim ini meningkat.

Juara, tentu menjadi harapan yang dilambungkan bobotoh kepada tim kebanggaannya itu.

Kapten Persib, Supardi Nasir, menyadari bagaimana ekspektasi bobotoh kepada Persib. Hanya saja, Supardi menegaskan, belum saatnya Persib berbicara soal gelar juara.

Pasalnya, perjalanan Persib pada Liga 1 2020 masih terbentang panjang. Masih ada 31 laga yang harus dihadapi Maung Bandung. Tantangan untuk mempertahankan performa positif pun akan semakin berat.

“Start yang bagus tentunya tahun ini, tetapi bukan jadi jaminan bicara soal juara, itu masih jauh. Namun, kami berusaha untuk sampai ke sana,” tutur Supardi.

Mantan pemain PSMS Medan itu mengungkapkan, para pemain akan berusaha keras untuk bisa mempertahankan performa positif ini. Caranya, dengan selalu fokus pada setiap laga yang dihadapi.

“Saya berharap penampilan kita selalu seperti ini dan penting untuk pemain selalu berpikir positif untuk tim ini,” kata Supardi.

Pada pekan ke-4 Liga 1 2020, Persib akan menjajal kekuatan Persita Tangerang. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, 5 April mendatang.

Andai bisa memenangi laga tersebut, Persib akan memecahkan rekor yang sebelumnya mereka ukir pada 2001 lalu. Selain itu, tiga poin atas Persib akan membuat mereka semakin kukuh di puncak klasemen sementara Liga 1 2020.