Tips Cegah Virus Corona ala Wonderkid Persebaya, Hambali Tolib

Pemain muda Persebaya Surabaya, Hambali Tolib, berbagi tips untuk menghindarkan diri dari virus corona.

Di tengah merebaknya virus corona, Hambali Tholib tidak menunjukan tanda-tanda penurunan fisik.

Sebaliknya, fisik pemain asal Makassar tersebut justru tetap bugar dan tanpa kewalahan dalam melahap latihan berat yang diberikan Persebaya Surabaya.

Hambali mengatakan bahwa kunci utamanya adalah selalu bersyukur dengan nikmat kesehatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

“Tips dari saya agar tetap bugar selama isu virus ini, yang pertama bersyukur atas kesehatan yang diberikan, wudu, salat, dan berdoa,” kata Hambali kepada Kompas.com.

Selain berdoa dan bersyukur, Hambali Tholib mengatakan menjaga kondisi tubuh juga menjadi bagian penting dalam usaha menjauhkan diri dari virus corona.

Pasalnya, sebaik-sebaiknya doa akan lebih mustajab jika dibarengi dengan usaha dan ikhtiar berkesinambungan.

Tidak muluk-muluk, Hambali Tholib menjaga kebugaran tubuhnya dengan menerapkan hidup sehat dan juga menghindarkan diri dari pikiran-pikiran negatif.

“Harus stay healthy. Menjaga makanan, menjaga kondisi tubuh, olahraga rutin dan stay positive thinking apapun itu,” ucap pemain yang baru berusia 19 tahun tersebut.

Di sisi lain, mantan pemain Persela Lamongan tersebut mengakui memiliki kecemasan tersendiri mengenai merebaknya virus bernama lain Covid-19 tersebut.

Kini, dia jauh lebih waspada dan juga lebih rajin dalam menjaga kebersihan, baik dirinya secara pribadi maupun lingkungannya.

“Iya, saya jadi was-was juga soal virus ini. Sekarang jadi cuci tangan lebih sering, Ya pokoknya kami meminta perlindungan sama Allah,” ujar pemain bernomor punggung 89 itu.