Para Penggawa PSIS Diberikan Imunisasi

PSIS Semarang sangat serius dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona yang bisa menyerang para pemain. Pemberian vaksinasi ditempuh oleh tim kesehatan Mahesa Jenar, Jumat (20/3/2020).

Para punggawa PSIS diberi imunisasi, dengan tujuan semakin memaksimalkan kekebalan tubuh. Dokter tim sekaligus kepala bidang kesehatan PSIS, Alfan Nur Asyhar mengatakan, vaksinasi sebagai salah satu cara tepat timnya menjaga kesehatan.

“Terutama vaksinasi hepatitis B dan influenza, sebagai salah satu cara menjaga kondisi tubuh pemain supaya tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktifitas sehari-hari,” tutur Alfan Nur.

Dirinya menjelaskan beberapa keuntungan dari vaksin ini diantaranya membuat fungsi imun pemain terbentuk dari penyakit influenza karena gejala Covid-19 yang hampir mirip influenza. Seringkali yang dihadapi di lapangan adalah beberapa pemain terserang flu sehingga harus beristirahat cukup.

Untuk vaksin Hepatitis B, berguna melindungi fungsi hati pemain dari berbagai patogen baik virus atau bakterial. Karena faktor resiko berkumpulnya pemain dalam satu komunitas dengan berbagai kondisi dan status kesehatan yang berbeda.

Sementara itu, skuat dan ofisial PSIS belum dapat melakukan pengecekan kesehatan perihal virus Corona. PSIS yang menggandeng Charlie Hospital sebagai sponsor, belum mengecek kesehatan satu persatu pemain, dengan adanya pertimbangan

“Syarat setiap orang harus tes Corona adalah yang memiliki gejala, dan mereka memang harus diprioritaskan. Untuk itu belum kami lakukan,” jelas Alfan Nur Asyhar.

PSIS tidak memperpanjang masa libur meski kompetisi dihentikan sampai akhir bulan Maret ini. Jika tim laik seperti PSS Sleman memilih menambah libur, anak asuh Dragan Djukanovic justru aktif latihan sejak Kamis (19/3/2020) sore kemarin. Meski dilakukan secara tertutup.