Meski Belum Maksimal, RD Puji Penampilan Emmanuel Oti

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, memberikan apresiasi kepada permainan Emmanuel Oti Essigba selama tiga pekan bermain di Shopee Liga 1 2020.

Apalagi saat Madura United bertandang ke markas Bali United, Minggu (15/03/2020) lalu meskipun pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk tuan rumah.

Pelatih yang biasa disapa RD menyebut pemain berusia 23 tahun sudah menunjukkan performa yang diinginkan.

Pada pertandingan tersebut, Oti tidak bermain secara penuh. Dia baru masuk pada menit ke-67 menggantikan posisi Abimanyu.

Secara keseluruhan Rahmad Darmawan memuji penampilan pemain asal Ghana tersebut. Selain unggul dari segi kecepatan, pemain tersebut juga handal dalam melakukan umpan-umpan tusukan.

Sehingga memudahkan rekan-rekannya untuk membongkar pertahan lawan.

“Menurut saya dia bermain bagus dan hanya tidak mencetak gol saja,” kata Rahmad Darmawan.

Sejak Liga 1 2020 bergulir pemain yang biasa disapa Oti selalu diturunkan namun tidak 90 menit.

Rahmad Darmawan menjelaskan bahwa Emmanuel Oti Essigba masih belum beradaptasi secara sempurna.

Emmanuel Oti Essigba sempat dua musim merumput di Liga Denmark yang terkenal sebagai wilayah dingin. Dia harus membiasakan diri dengan iklum panas di Indonesia.

Karena itu Emmanuel Oti Essigba diragukan untuk bisa tampil selama 90 menit dalam kondisi terik. Rahmad Darmawan mengambil keputusan untuk memanikannya pada semparuh laga.

“Ketika dia berlatih dalam kondisi terik nampak adaptasinya fisiknya belum maksimal untuk dimainkan selama 90 menit penuh,” ucap pelatih asal Lampung.

“Dia akan lebih efektif jika bermain di babak kedua atau belum full. Kalau ada peluang one by one dia bisa mengkonversikannya jadi gol, atau passing-passing dia ke Beto yang bisa menjadi gol,” pungkasnya.