Jacksen Tiago: Pemain Persipura Jangan Kemana-mana, Tinggal Saja di Rumah

Langkah self-social distancing untuk mencegah persebaran Virus Corona disikapi positif Jacksen F. Tiago. Sang pelatih Persipura Jayapura ini bahkan menyarankan langkah tersebut pada para pemainnya agar tak sampai terjangkiti virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

“Saran saya pada para pemain Persipura sederhana saja: Jangan ke mana-mana. Misalnya berlibur di Bali, Singapura, dan daerah-daerah lain yang menjadi tujuan banyak orang. Lebih baik tinggal di rumah saja,” kata Jacksen.

Lebih lanjut, Jacksen pun mengakui anak asuhnya termasuk rentan terpapar Virus Corona. Pasalnya, mereka banyak bepergian dalam tiga pekan pertama Shopee Liga 1 musim 2020 ini.

Jacksen punya kiat untuk menyiasati kondisi ini. Pelatih asal Brasil ini berencana untuk memeriksakan kondisi para pemainnya untuk memastikan kesehatan para penggawa Mutiara Hitam.

“Pasti akan kami lakukan pemeriksaan ini,” tutur Jacksen.

Saat ini, persebaran virus Corona merebak di Indonesia. Pasien yang terinfeksi virus ini mulai bertambah jumlahnya.

Merebaknya virus ini pun berdampak pada kompetisi sepak bola di Indonesia. PSSI menghentikan untuk sementara kompetisi sepak bola di Indonesia.

Penghentian ini dilakukan mulai Senin (16/3/2020) ini. Rencananya, penghentian ini akan ditinjau lagi pada dua pekan mendatang.

Tak Sampai Sepekan

Sementara itu, Jacksen memanfaatkan penghentian sementara kompetisi dengan meliburkan anak asuhnya. Namun, jatah libur yang didapat Arthur Cunha da Rocha dkk. tak sampai sepekan.

“Terakhir kami libur adalah Jumat (20/3/2020). Kami akan berkumpul lagi di Papua pada Sabtu (21/3/2020) mendatang. Kami harus siap segala kemungkinan karena belum ada surat resmi baru soal penambahan durasi penghentian kompetii,” ujar Jacksen yang saat ini ada di Surabaya melakukan karantina mandiri bersama keluargannya.

Persipura di awal musim Shopee Liga 1 2020, punya catatan yang lumayan. Boaz Solossa dkk. mengantungi dua kemenangan, yakni melawan PSIS Semarang (2-0) dan Persebaya Surabaya (4-3), dan hanya sekali menderita kekalahan saat bersua Borneo FC (0-2).