Soal Sponsor ‘Pria Punya Selera’, Persib: Tak Perlu Jadi Polemik

PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) buka suara soal sponsor Persib Bandung yang lekat dengan produk rokok. Menurut manajemen, hal itu tidak perlu jadi polemik.

Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono, mengakui jika hal ini memang menjadi polemik. Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak mengizinkan klub menjalin kerjasama komersil dengan produk yang berkaitan langsung brand rokok, minuman beralkohol, dan situs perjudian.

“Tapi sesungguhnya tidak perlu jadi polemik karena Persib ada kaitan hubungan kerjasama dengan sponsor-sponsor yang sudah dilihat pada saat launching, ada kesepahaman. Tentang itu manajemen belum mau berkomentar lebih lanjut,” ujar Kuswara di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (14/3/2020) sore.

“Karena ini jadi bahan perdebatan, karena tidak menyangkut ke objek, itu barangkali. saya kira ini harus menyikapi dengan bijak. mungkin nanti kami akan mengkaji lebih dahulu, nanti komentar secara formal akan kita sampaikan segera,” lanjutnya.

Kuswara mengatakan belum ada pembicaraan lanjutan dengan sponsor berupa tagline ‘Pria Punya Selera’ tersebut hingga saat ini. Komunikasi yang dibangun hanya melalui surat.

“Kami harus menyikapi secara bijak, kami harus mengkaji terlebih dahulu, kita tidak mau terburu-buru, untuk menjadi polemik yang lebih luas,” ucapnya.

Kuswara mengatakan sponsor tersebut sebenarnya sudah melekat sejak musim 2018, tapi dia heran mengapa baru dipermasalahkan di Shopee Liga 1 2020.

“Makanya kita tidak ingin buat ini jadi polemik. kan kita harus mengkaji secara komprehensif, enggak bisa sepotong-sepotong.”

Apakah Persib nantinya bakal memutus kerjasama itu di tengah jalan? “Belum bisa berkomentar sampai sana, setelah itu kita andaikata ada, kita kaji, baru kita bicara dengan LIB. berikutnya kita bisa berkomentar,” tutupnya.