Bungkam PSS, Tiga Poin Jadi Kado Ulang Tahun Persib

Persib Bandung mendapatkan kado manis pada hari ulang tahunnya yang ke-87. Menghadapi PSS Sleman dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020, Minggu (15/03/2020), Wander Luiz dkk. menang tipis 2-1.

Robert Rene Alberts memasang I Made Wirawan menggantikan Teja Paku Alam. Ini sesuatu yang merugikan buat Persib karena Teja mampu bermain apik dalam dua pertandingan sebelumnya.

Persib yang belum menderita kekalahan pada Liga 1 2020 terdiam berkat gol cantik PSS yang dicetak Aaron Evans pada menit kedua memanfaatkan umpan Yevhen Bokhashvili.

Kebobolan cepat membuat Persib panas. Hanya dalam 10 menit, gawang PSS yang dijaga Ega Rizky dibombardir masing-masing oleh peluang Febri Hariyadi dan Geoffrey Castillion.

Gol penyama kedudukan akhirnya tersaji menit 21′. Menerima umpan Wander Luiz, Geoffrey menggiring bola dan dengan tendangan keras kaki kanannya, bola tak mampu dihadang Ega.

Persib berbalik unggul menit 36′, kali ini melalui gol Wander Luiz. Febri berperan dalam gol ini usai umpannya disambut dengan sempurna melalui sundulan.

Skor 2-1 untuk keunggulan Persib bertahan hingga babak pertama usai.

Persib langsung menekan pertahanan PSS pada babak kedua. Peluang matang didapat kala Supardi memberikan umpan silang kepada Wander. Sayang, sundulan sang striker masih melambung.

Wander seharusnya bisa mencetak hattrick pada laga kali ini. Setelah peluang lewat sundulan yang tercipta tadi, selang 10 menit, ia berada dalam posisi one-on-one. Akan tetapi, bola malah di-lob yang dengan mudah ditangkap Ega.

PSS bukannya tanpa peluang. Menit 71′, Jepri yang mampu masuk ke sisi sayap Persib melepaskan umpan silang, namun sayang sundulan Irfan Bachdim masih bisa diamankan Made.

Pada menit 89′, PSS kembali meraih peluang lewat tendangan bebas akibat pelanggaran Dado. Beruntung, gawang Persib masih aman.

Hingga akhir laga, PSS gagal mencetak gol penyama kedudukan. Persib pun menang 2-1 dan makin mantap di puncak klasemen.

Susunan Pemain

Persib: Teja Paku Alam, Ardi Idrus, Nick Kuipers, Supardi, Victor Igbonefo, Omid Nazari, Este Vizcarra, Febri Haryadi, Kim Kurniawan, Geoffrey Castilion, Wander Luiz.

Cadangan: Made Wirawan, Fabiano Beltrame, Abdul Aziz, Dedi Kusnandar, Zalnando, Zulham Zamrun, Frets Butuan

PSS: Ega Rizky, Aaron Evans, Arthur Irawan, Asyraq Gufron, Bagus Nirwanto, Guilherme Castro, Irkham Mila, Wahyu Sukarta, Irfan Bachdmi, Yevhen Bokhashvili, Zah Rahan

Cadangan: Alex Sander, Hamdan Zamani, Samsul Arifin, Fitra Ridwan, Jepri Kurniawan, Misbakus Solihin, Chanigio