Keren! Pemain Persis Solo Ini Pilih Gowes ke Tempat Latihan

Beragam cara dilakukan pesepakbola profesional untuk menjaga kondisi fisik di luar latihan rutin. Selain menjaga asupan nutrisi dan berpola hidup sehat, stamina bisa ditempa dengan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda. Gufroni Al Maruf menjadi salah satu pemain Persis Solo yang sangat perhatian dengan penjagaan fisik.

Alih-alih menaiki bus tim, Gufroni justru memilih bersepeda untuk menuju lokasi latihan di Lapangan Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Senin (9/3/2020) pagi. Jarak sekitar lima kilometer dari tempat latihan dengan mes pemain Persis Solo yang berlokasi di Jalan Kolang-Kaling, Karangasem, Laweyan, Solo, dilahapnya dengan sepeda lipat berwarna abu-abu.

“Ini sepeda baru. Langsung saya pakai ke tempat latihan,” ujar Gufroni semringah saat ditemui Solopos.com seusai latihan.

Kebiasaan bersepeda Gufroni ternyata sudah dimulai sejak membela Gresik United pada 2016. Aktivitas itu berlanjut ketika memperkuat Madura United dan klub barunya saat ini, Persis Solo.

Saat menghabiskan waktu di kota kelahirannya, Malang, pemain 23 tahun itu juga kerap nggowes. “Bersepeda itu asyik. Bisa sekalian menjaga kondisi fisik,” ujar Gufroni yang saat itu masih mandi keringat selepas latihan.

Dilansir Mirror, pemain sekelas Gareth Bale pun rutin bersepeda untuk menjaga kekuatan fisik. Bagi winger Real Madrid itu, bersepeda bisa menjadi latihan fisik tambahan untuk meningkatkan vitalitas di lapangan hijau. Gufroni sendiri berencana menjadikan nggowes sebagai keseharian menuju tempat latihan di pagi hari.

Jarak yang tak terlalu jauh plus udara yang masih sejuk membuat tekadnya semakin bulat untuk rutin bersepeda. Gufroni berharap rekan setim bisa mengikuti aktivitasnya itu. “Biar bisa sepedaan bareng, kan lebih asyik,” ujarnya.

Performa Gufroni di Laskar Sambernyawa terlihat kian matang. Kecepatan dan agresivitasnya di lini sayap kerap membuat rekan setimnya kelimpungan saat latihan. Dalam game di Lapangan Donohudan, Senin, Gufroni turut mencetak satu gol. Dengan cedera Nanang Asripin dan belum moncernya Engelberd Sani, pemain mungil itu pun diprediksi bakal menjadi starter dalam laga perdana melawan PSCS Cilacap, akhir pekan.