Preview Liga 1 2020: Persita Vs PSM

Laga panas bakal tersaji pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 yang berlangsung di Stadion Sport Center, Kelapa Dua, Tangerang, Jumat (6/3/3030).

Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak menegaskan skuadnya ingin bermain normal untuk mewujudkan target poin di markas Persita. Itulah mengapa, mantan juru taktik tim nasional Malaysia U-19 ini menyiratkan tak melakukan perubahan berarti dalam formasi starternya.

Jika ada perubahan, Bojan kemungkinan mengganti Ezra Walian dengan Yakob Sayuri. “Saya tak punya waktu banyak untuk mempersiapkan tim menghadapi Persita. Jadi normal saja. Saya hanya sedikit fokus membenahi penyelesaian akhir,” ujar Bojan.

Merujuk pada laga terakhir kontra PSS Sleman (1/3/2020), Juku Eja memang agak bermasalah dalam menjebol gawang lawan lewat proses open play. Dua gol yang bersarang ke gawang PSS semuanya berawal dari tendangan bola mati dengan Ferdinand Sinaga sebagai aktor utamanya.

Dilain pihak, meski puas dengan kinerja lini belakangnya saat menjamu PSS, Bojan merasa perlu mengingatkan para pemainnya agar waspada. Karena Bojan memprediksi Persita yang baru saja menahan Bali United 0-0, bakal tampil beda.

“Saya pikir saat menghadapi PSM, Persita akan sedikit ofensif karena memburu kemenangan di hadapan pendukungnya,” kata Bojan.

Bojan sendiri sudah menyiapkan strategi untuk meredam Persita. Di antaranya berusaha mendominasi penguasaan bola dengan mengoptimalkan peran Wiljan Pluim sebagai pengatur irama permainan tim.

Cara bermain PSM pada laga perdana Shopee Liga 1 2020 terbilang variatif. Di mana Pluim dan Ezra Walian yang dipasang sebagai penyerang sayap pada formasi awal, terlihat bergantian beroperasi di belakang kedua striker, Ferdinand Sinaga dan Giancarlo Rodriques.

Dua gelandang jangkar, M.Arfan dan Rizky Pellu juga berperan ganda. Selain wajib memutus serangan lawan, keduanya juga bergantian menopang serangan saat PSM memegang bola.

Pertandingan pekan kedua Shopee Liga 1 2020 ini tentu cukup menarik dan sangat dinantikan oleh penggemar sepak bola nasional. Karena pertemuan antara Persita dan PSM memang terakhir terjadi di tahun 2009.

Kini, 11 tahun setelahnya, kedua tim kembali berlaga memperebutkan poin di Tangerang. Menghadapi tim tamu yang jauh berpengalaman di kancah Liga 1, Persita tak ingin sesumbar.

Yang jelas, seluruh tim dalam kondisi prima kecuali kiper Try Hamdani yang tengah dalam masapemulihan pasca cedera dan Taufik Febriyanto yang juga dalam masa pemulihan karena sakit.

“Kami sudah mempersiapkan tim dengan baik. Dan kemungkinan ada satu pemain yang tidakbisa diturunkan yaitu Taufik, masih dalam tahap penyembuhan,” Widodo menuturkan pada sesi konferensi pers jelang pertandingan kontra PSM, Kamis (5/3/2020).

“Kami berharap di pertandingan besok, kedua tim menunjukkan permainan yang bagus dan dapat menghibur semua fans dan juga tentu ini sepak bola ya. Di situ ada entertainment, sikap fair play,” lanjutnya.

Mengenai komposisi pemain, kemungkinan besar, Widodo mempertahankan 80 persen starter yang turun saat bersua Bali United. Hanya saja untuk menambah daya gedor, sosok Riky Kayame bisa jadi pilihan.

Kemudian pemain senior, Egi Melgiansyah bisa jadi pilihan di lini tengah. Sosoknya tidak hanya memberikan kenyamanan di tim, tapi juga berandil menyeimbangkan strategi tim saat bertahan maupun menyerang.

Prediksi Susunan Pemain
Persita (4-3-3): Annas Fitranto (Kiper); Hamka Hamzah, Tamirlan Kozubaev, Muhammad Toha, Edo Febriansyah (Belakang); Egi Melgiansyah, Eldar Hasanovic, Mateo Bustos (Tengah); Chandra Waskito, Riky Kayame, Budnik (Depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

PSM (4-4-2): Hilmansyah (kiper); Asnawi Mangkualam, Hussein El Dor, Serif Hasic, Leo Guntara (belakang); Wiljan Pluim, Rizky Pellu, M. Arfan, Ezra Walian (tengah); Ferdinand Sinaga, Giancarlo Rodriques (depan)

Pelatih: Bojan Hodak