Prediksi PSM Vs PSS: Juku Eja Waspadai Teror Super Elang Jawa

Duel PSM Makassar kontra PSS Sleman pada laga pekan perdana Shopee Liga 1 2020 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (1/3/2020)) sangat dinantikan publik sepak bola Kota Daeng. Ini kali pertama mereka bisa menyaksikan dan mendukung langsung aksi tim kesayangan di markas sendiri musim ini.

Sejak PSM ditangani Bojan Hodak, Juku Eja memang praktis tak pernah bertanding meski hanya sekadar uji coba di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

Latihan di Makassar pun lebih banyak digelar secara tertutup. Hodak pun lebih memilih membawa pemainnya beruji coba di Jakarta dan Bogor selama persiapan Piala AFC 2020 dan Shopee Liga 1 2020.

Alasan Hodak memang masuk akal. Selain durasi persiapan yang singkat sebelum berkiprah di Piala AFC 2020, PSM memang kesulitan mencari lawan yang setara di Makassar.

Tak hanya suporter, Hodak pun sejatinya juga menanti laga kontra PSS ini. Apalagi pada laga nanti, mantan pelatih Timnas Malaysia U-19 ini bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya, termasuk Wiljan Pluim, kapten PSM yang absen karena pada dua laga perdana Juku Eja di fase grup Piala AFC 2020 karena sanksi kartu.

“Saya dan seluruh elemen tim optimis PSM bisa meraih kemenangan atas PSS. Sebagai pelatih, saya tentu senang bisa leluasa memilih pemain yang diturunkan,” ujar Hodak.

Kehadiran Pluim sebagai ‘orang bebas’ di lapangan tentu membuat serangan PSM lebih variatif. Nantinya, Pluim bakal ditopang oleh duet M. Arfan dan Rizky Pellu yang berperan sebagai penyeimbang di lini tengah.

Sementara di depan, Yakob Sayuri berpeluang besar jadi starter menyusul penampilan apiknya saat PSM melibas Shan United 3-1 pada laga kedua Grup H Piala AFC 2020. Eks Barito Putera ini bukan hanya berperan sebagai penyuplai bola ke Giancarlo Rodriguez atau Osas Saha, tapi juga pencetak gol.

Meski lebih diunggulkan, PSM Makassar juga harus mewaspadai serangan balik PSS. Apalagi, lini belakang PSM memang belum solid. Itulah mengapa Hodak meminta duet stoper asingnya, Hussein El Dor dan Serif Hasic lebih fokus menggalang koordinasi di lini belakang. Apalagi, duet bek sayap, Asnawi Mangkualam dan Leo Guntara sangat aktif membantu serangan.

PSS Sleman punya bekal positif untuk meladeni PSM Makassar. Musim lalu PSS lebih superior ketimbang Juku Eja. Dalam dua pertemuan terakhir, PSS menang 3-2 atas PSM di kandang sendiri dan mampu menahan imbang 1-1 di Makassar.

Hasil musim lalu menjadi motivasi tersendiri bagi Ega Rizky dan kawan-kawan. Mereka segera melupakan polemik yang belum lama ini terjadi di PSS. Khususnya pengunduran diri Eduardo Perez dari kursi pelatih kepala, hanya enam hari sebelum kompetisi bergulir.

“Berbagai masalah sebelum ini kami harapkan tidak akan berpengaruh di pertandingan nanti. Harapannya, minimal mencuri poin. Meski berat, kami akan berusaha,” ungkap asisten pelatih PSS, Danilo Fernando.

Komposisi PSS tidak banyak berubah. Ega Rizky di bawah mistar gawang, bek Asyraq Gufron, gelandang Guilherme Batata, dan striker Yevhen Bokhasvili bakal turun sejak menit pertama kontra PSM.

Irfan Bachdim siap memberikan ancaman untuk PSM. Satu di antara pemain kunci PSS yang wajib diwaspadai adalah Aaron Evans. Evans merupakan pemain PSM dalam dua musim terakhir.

Faktor lainnya adalah kehadiran Dejan Antonic sebagai pelatih baru PSS. Meskipun belum memberikan sentuhan untuk timnya di persiapan terakhir, Dejan Antonic diyakini bakal membawa dampak positif lewat taktik dan strateginya.

PSS juga memiliki keuntungan lain, yakni skuat yang lebih bugar. PSM baru saja melakoni laga Piala AFC melawan Shan United, Rabu (26/2/2020). Namun, hasil positif PSM dalam laga tersebut juga bisa menjadi peringatan bagi PSS.

“Kami tidak memandang lawan adalah tim yang diisi bintang. Kuncinya siapa yang siap, mereka yang akan memenangkan pertandingan,” tutur Danilo.

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar (4-4-2): Miswar Saputra (kiper); Asnawi Mangkualam, Serif Hasic, Leo Guntara (belakang); Wiljan Pluim, Rizky Pellu, M. Arfan, Yakob Sayuri (tengah); Giancarlo Rodriguez, Osas Saha (depan).

Pelatih: Bojan Hodak

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper), Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Aaron Evans, Derry Rachman (belakang): Irkham Zahrul Mila, Guilherme Batata, Wahyu Sukarta, Jepri Kurniawan (tengah); Irfan Bachdim, Yevhen Bokhasvili (depan).

Pelatih: Dejan Antonic (Serbia)