Prediksi Persipura Vs PSIS: Duel Seru di Stadion Bersejarah

Persipura Jayapura dan PSIS Semarang akan mengawali kiprah di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (1/3/2020).

Persipura yang masih berstatus tim musafir optimistis kandang baru musim ini akan membawa berkah. Sementara, tim tamu berharap kenangan manis pada 1999 di Klabat saat mengkandaskan Persebaya pada final Ligina bisa terulang lagi.

“Suasana tim musim ini lebih kondusif dibanding tahun lalu. Manado bagi kami seperti rumah kedua. Lingkungan dan masyarakatnya punya hubungan harmonis dengan Papua,” kata Jacksen Tiago, pelatih Persipura.

Pelatih asal Brasil ini merasakan betul sambutan publik Manado terhadap kehadiran Boaz Solossa dkk.

“Saat kami mendarat di Bandara Sam Ratulangi kemarin disambut warga Papua yang domisili di Manado. Ketika kami berangkat latihan ke stadion tadi, warga Manado mendukung pemain Persipura. Ini modal bagus bagi kami musim ini. Saya berharap tahun ini lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Kendati begitu, mantan juru taktik Persebaya ini tak melulu mengandalkan suporter untuk mengalahkan PSIS.

“Suporter bisa jadi kekuatan untuk menekan moral lawan. Tapi itu saja tak cukup. Taktik dan permainan di lapangan jadi penentu kemenangan sebuah tim. Kami sudah bersiap selama 35 hari. Kini saatnya kami menumpahkan hasil latihan kemarin melawan PSIS,” ucapnya.

Musim lalu, Jacksen Tiago menggantikan Luciano Leandro, ketika Persipura terseok-seok di kompetisi. Berkat tangan dingin The Bigman, panggilan karib Jacksen, Persipura berhasil finis di urutan ketiga klasemen akhir. Padahal, mereka berstatus musafir dengan berpindah kandang di Sidoarjo dan Tenggarong.

Periode ini, pelatih yang memberikan tiga kali juara kepada Mutiara Hitam ini lebih optimistis karena memilih pemain dan memprogram persiapan sejak awal.

Tiga pemain asing, Takuya Matsunaga, Arthur Cunha, dan Sylvanus Comvalius diharapkan mendongkrak performa tim. Kiper berdarah Manado, Gerry Mandagi akan jadi pesaing utama Dede Sulaiman yang posisinya tak tergantikan sepanjang musim lalu.

“Persipura tahun ini lebih siap. Beberapa pemain baru akan jadi kekuatan kami. Juga pemain muda yang tahun ini akan matang di kompetisi,” ujarnya.

PSIS Semarang punya misi khusus dalam pertarungan nanti, yakni minimal merebut satu poin. Kans tersebut cukup terbuka karena Persipura tidak bermain di rumahnya sendiri.

“Pada laga pembuka ini kami optimistis bisa mencuri poin. Dengan segala potensi yang kami miliki dan hasil musim lalu yang bisa mencuri poin di kandang Persipura. Kami yakin bisa mengulangnya kembali,” kata GM PSIS Semarang, Wahyu Winarto, Sabtu (29/2/2020).

Hanya, skuat PSIS tidak lengkap. Dari 19 pemain yang diangkut Dragan Djukanovic ke Manado, tidak ada nama gelandang Flavio Beck Jr dan striker Bruno Silva.

Flavio Beck yang baru didatangkan dari Semen Padang masih menjalani sanksi akumulasi kartu musim lalu. Sementara, Bruno Silva masih dalam penyembuhan cedera, sehingga ditinggal di Semarang.

Namun, Wallace Costa bisa menjadi tumpuan di lini belakang, ditunjang pengatur serangan Septian David Maulana dan kelincahan Hari Nur Yulianto. Ditambah gelandang anyar mereka, Fandi Eko Utomo yang berpeluang melakoni debut.

Pelatih PSIS, Dragan Djukanovic tak terlalu pusing karena telah mengamati permainan Persipura.

“Selama pramusim, tim kami menunjukkan hal yang sangat positif. Saya yakin jika anak-anak menunjukkan cara yang sama saat latihan, kami akan membawa hasil positif dari markas Persipura,” kata Dragan Djukanovic.

Prediksi Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Yustinus Pae, Arthur Cunha, Donni Monim, Valentino Telaubun (belakang), Takuya Matsunaga, M. Tahir, Thiago Amaral (tengah), Todd Rivaldo Ferre, Boaz Solossa, Sylvano Comvalius (depan).

Pelatih: Jacksen Tiago

PSIS Semarang (4-4-2): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Rio Saputro, Wallace Costa, Safrudin Tahar (belakang); Jonathan Cantillana, Finky Pasamba, Septian David Maulana, Fandi Eko Utomo (tengah); Komarodin, Hari Nur Yulianto (depan)

Pelatih: Dragan Djukanovic