Sumatra Barat Raih Juara Piala Soeratin U-15 2020

PSP Padang yang menjadi wakil Sumatra Barat, keluar sebagai juara Piala Soeratin U-15 2020. Sumbar mengalahkan Kalimantan Barat dengan skor 2-1 dalam partai final di Stadion Manahan, Sabtu (29/2/2020) malam.

Gawang Sumbar yang dikawal Aldo Fernandi sempat dikejutkan oleh gol Kalbar pada babak pertama melalui sontekan Krisna Sulistia menit ke-25. Namun, Sumbar berhasil membalasnya bahkan membalikkan keadaan pada babak kedua.

Sumbar memastikan kemenangan berkat gol dari Zulkifli Yahya dan Haviv Mumtaza. Ini merupakan gelar pertama bagi Sumatera Barat di ajang Piala Soeratin U-15.

Sebelumnya, Sumbar berhasil lolos ke final putaran nasional setelah menyingkirkan DKI Jakarta dengan skor tipis 1-0. Sementara, Kalbar menang telak 5-2 atas Banten.

Pelatih tim Sumatra Barat, Tri Gustian usai pertandingan mengaku kesabaran anak asuhnya berbuah manis. Meski kecolonhan gol pada babak pertama, para pemainnya menunjukkan mental juara dengan bermain enjoy.

“Alhamdulillah sejak lolos ke semifinal anak-anak tampil sesuai yang kami harapkan. Bermain sabar, menjalan instruksi, dan begitu semangat,” ungkap Gustian kepada Bola.com.

Gelar juara Piala Soeratin U-15 2020 ini mengakhiri penantian panjang klub asal ranah Minang tersebut. Terakhir kali tim Sumbar melaju ke final pada tahun 1975.

“Luar biasa, penantian yang sangat panjang dan bersejarah. Prestasi ini untuk masyarakat Padang dan Sumatra Barat. Menjadi tonggak sejarah kebangkitan sepak bola Sumbar,” jelas Gustian.