Makassar Jadi Lokasi Seleksi Tahap Kedua Tim Pelajar U-15 Sebelum ke Italia

Makassar jadi lokasi seleksi tahap kedua Tim Pelajar U-15 yang akan mengikuti turnamen di Italia, Agustus 2020. Hal itu dikatakan Subagja Suihan, Ketua Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLISPI) pada jumpa media di Makassar, Kamis (27/2/2020).

Sebelum di Makassar, 120 pelajar kelahiran 2005-2006 mengikuti seleksi tahap pertama di Solo, Jawa Tengah, 8-12 Maret 2020.

Menurut Subagja, hasil seleksi di Solo akan bergabung dengan pemain terpilih yang berasal dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Khusus seleksi di Makassar akan dipantau oleh Denny Samsuddin, Usman Halik, dan Donny Latuperissa (pelatih kiper).

“Persyaratan utama buat pemain yang ikut seleksi adalah mereka yang tahun lalu mengikuti liga berjenjang Piala Menpora U-14. Baik itu di daerah atau putaran nasional,” kata Subagja.

Subagja menambahkan, pada turnamen yang berlangsung di Kota Sisilia itu, Tim Pelajar U-15 akan bersaing dengan wakil dari Brasil, Meksiko, Swedia, Prancis, China, Jepang, Korea Selatan serta tuan rumah Italia.

“Sebagai tuan rumah, Italia akan diwaliki oleh tim usia muda Juventus dan Inter Milan,” jelas Subagja.

Subagja berharap dari Tim Pelajar U-15 kali ini bisa mengikuti jejak pendahulunya seperti Supardi, Bagus Kahfi, dan Amiruddin Bagas Kaffa yang saat ini menjadi andalan Timnas Indonesia usia muda.

Duet Pelatih

Sebagai pendamping tim di Italia, BLISPI menunjuk Gendut Doni dan Usman Halik sebagai pelatih. Sementara manajer tim dipegang oleh Hairil Amri Wawo, yang pernah membawa Tim Pelajar U-15 meraih peringkat kedua pada sebuah turnamen di Malaysia pada 2016.

“Pak Amri kami pilih karena memiliki komitmen kuat terhadap pembinaan usia muda di Indonesia,” ujar Subagja.

Amri Wawo menyatakan kesiapannya menjadi manajer Tim Pelajar U-15.

“Bagi saya ini adalah amanah. Mari kita bekerja keras dan jujur untuk membawa tim ini meraih prestasi di Italia nanti,” pungkas Amri Wawo mengakhiri pembicaraan.