Skuad Persebaya Komplet di Laga Pembuka Liga 1 Melawan Persik

Liga 1 musim 2020 kickoff pada Sabtu (29/2). Laga Persebaya Surabaya kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, akan jadi pembuka. Nah, Persebaya beruntung lantaran dipastikan bisa tampil dengan skuad terbaik.

Rencananya, sore ini skuad Green Force –julukan Persebaya– menjalani latihan. Sangat mungkin tidak ada penggawa yang absen dalam latihan sore nanti. ”Semua pemain sudah komplet. Tidak ada yang cedera juga,” kata pelatih Persebaya Aji Santoso kepada Jawa Pos.

Sebelumnya, Aryn Williams sempat bermasalah dengan hamstring. Namun, pemain asal Australia itu sudah pulih. Begitu pula Nasir. Pemain 24 tahun itu absen dalam laga final Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 kontra Persija Jakarta (20/2). Tapi, kondisi mantan bek kiri Arema FC tersebut berangsur membaik.

Sejatinya, kondisi Ricky Kambuaya kurang fit. ”Ototnya sempat tertarik. Tapi, saya rasa nggak ada masalah,” jelas Aji. Pemain yang membela timnas juga sudah kembali. Mereka adalah Rachmat Irianto, Hansamu Yama, dan Koko Ari Araya. Aji berharap ketiganya sudah bergabung dalam latihan sore nanti.

Gelandang Rendi Irwan juga akan mulai berlatih. Sebelumnya, pemain 32 tahun itu absen di PGJ lantaran mengikuti kurus pelatih lisensi C. Meski sudah komplet, Aji masih memantau kondisi pemain yang baru bergabung. ”Apakah mereka siap tampil atau tidak. Tapi untuk Rendi, dia sudah saya beri menu latihan khusus selama lisensi,” kata pelatih asal Kabupaten Malang tersebut.

Dengan waktu recovery selama lima hari, Aji yakin anak asuhnya bisa kembali dalam kondisi fit. Hal itu dibutuhkan untuk meraih hasil maksimal dalam laga kontra Persik (29/2). ”Laga perdana sangat penting untuk meraih tiga poin. Saya harap anak-anak tidak underestimate menghadapi Persik. Karena itu bisa sangat berbahaya,” jelas mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Aji mencontohkan Bhayangkara FC. Saat diunggulkan, mereka malah kalah telak 0-3 oleh Persik di laga pemungkas grup A PGJ 2020 (14/2). ”Makanya kami tetap serius dan fokus,” terangnya. Kemenangan 3-1 atas Persik di PGJ 2020 (10/2) tidak dijadikan patokan. Tapi, Aji pede capaian itu bisa terulang. ”Kalau kami tampil dengan kekuatan penuh, saya pikir kesempatan kami untuk menang sangat besar,” tegas Aji.