Persipura vs PSIS: Pelatih PSIS Semarang Yakin Petik Poin

PSIS Semarang saat ini mulai fokus menatap laga perdana Liga 1 2020 melawan tuan rumah Persipura Jayapura, Minggu (1/3) mendatang.

Bahkan, untuk menjaga kondisi pemain, kini intensitas latihan mulai diturunkan menjadi hanya sehari sekali.

Dalam masa persiapan ini, PSIS diuntungkan dengan sudah kembalinya dua pemain muda potensial Mahesa Jenar dari pemusatan latihan (TC) Tim Nasional Indonesia senior.

Yaitu, Alfeandra Dewangga Santosa dan Pratama Arhan Alif.

Hanya saja, dalam pantauan Tribun Jateng, baru Alfeandra yang terlihat gabung dalam latihan PSIS, Senin (24/2) pagi.

Seperti diketahui, pascamenjalani TC Timnas senior sejak 13 Februari lalu, pada 23 Februari pemain dikembalikan ke klub masing-masing.

Menyoal kepulangan pemain Timnas, pelatih PSIS, Dragan Djukanovic menyebut, pemain yang bersangkutan harus beradaptasi lagi dengan pola latihan tim.

“Mereka sudah berlatih lagi dengan kami setelah mengikuti TC Timnas. Dia butuh adaptasi lagi karena ada perbedaan latihan Timnas dengan di sini,” kata Dragan.

Disinggung mengenai Alfeandra Dewangga yang sudah hadir dalam latihan tim, Dragan menyebut, akan mempertimbangkan pemain asal Semarang itu untuk dimasukkan dalam starting line up kala menghadapi Persipura Jayapura.

Adapun dalam internal game yang berlangsung di latihan tim pagi kemarin, Alfeandra dimainkan Dragan bersama tim utama. Ia ditempatkan di posisi bek sayap kiri.

“Kami akan lihat, kami punya waktu enam hari ke depan. Saya ingin melihat dia di latihan. Jika fisiknya siap untuk pertandingan, saya berpikir untuk memainkannya,” kata Dragan.

Sementara itu, Alfeandra Dewangga menuturkan, memang dia masih harus menyesuaikan diri lagi dengan tim.

“Di PSIS pasti saya sendiri harus menyesuaikan dengan program latihan headcoach karena saya sembilan hari di Timnas. Dan ini mungkin persiapan untuk matchday pertama ketemu Persipura,” kata Dewa.

Sebelum bergabung dalam TC Timnas, Dewa sempat dimainkan dalam laga uji coba kontra Persik Kendal.

Kala itu, Dewangga menjadi otak di balik dua gol PSIS yang saat itu menang 4-0. Pertama, saat mengirim asis atau umpan berbuah gol ke Riyan Ardiansyah. Satu umpan crossing-nya juga berbuah gol bunuh diri bagi lawan.

Setelah kembali bergabung ke PSIS, Dewa berharap, bisa segera cepat beradaptasi dalam masa persiapan Menghadapi pekan pertama Liga 1 melawan Persipura.

“Persiapan saya tentu mencoba membuat kekompakan dengan pemain senior agar bisa menyatu dengan tim agar bisa menjadi tim yang lebih solid dan kuat,” katanya.

Venue Laga Kontra Persipura Tak Kunjung Ditentukan

PSIS Semarang belum mendapat kejelasan mengenai kepastian venue pertandingan pekan perdana Liga 1 2020 kontra tuan rumah Persipura Jayapura, Minggu (1/3) mendatang.

Semula, Persipura bakal menggunakan Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, sebagai homebase sementara untuk menjamu PSIS.

Namun, Stadion Klabat belum bisa digunakan sebab tak lolos verifikasi dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Situasi tersebut tentu saja memaksa manajemen Persipura untuk mencari alternatif stadion lain.

Merespons hal itu, PSIS saat ini sedang cemas, menunggu kepastian venue pertandingan. Sebab hal itu berkaitan dengan persiapan tim melakoni laga away, meliputi transportasi dan akomodasi. Yakni, pemesanan tiket pesawat jika laga dilangsungkan di luar Pulau jawa, dan pemesanan tempat penginapan.

“Kami saat ini masih menunggu kabar dari Persipura soal stadion mana yang akan digunakan, ini berkaitan dengan akomodasi kami, kalau mepet nanti akan menganggu persiapan kami,” ungkap General Manager PSIS, Wahyu “Liluk” Winarto, Senin (24/2).

Wakil ketua DPRD Kota Semarang ini menambahkan, seharusnya sudah ada kepastian soal venue minimal tujuh hari sebelum hari pertandingan.

“Idealnya tujuh hari sebelum pelaksanaan pertandingan tim tamu sudah tahu harus ke kota mana untuk memainkan laga tandang supaya tiket pesawat dan penginapan bisa segera dipesan,” katanya.

Dia berharap, segera ada kepastian dari LIB mengenai venue pertandingan ini. “Kami mau ada informasi atau kepastian secepatnya,” tandas Liluk.

Asah Taktik sebelum Jumpa Persipura

Skuat Mahesa Jenar mulai fokus mengasah taktik jelang laga menghadapi Persipura Jayapura pada pekan perdana Liga 1 musim 2020, Minggu (1/3) mendatang.

Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic mengatakan, ia cukup puas dengan performa tim sejauh ini, sebab tak ada masalah berarti ketika para pemain menjalankan instruksinya.

“Kami fokus dalam hal teknis mempersiapkan tim untuk pertandingan ini. Dan latihan hari ini sangat bagus, saya puas karena tim bekerja keras,” kata Dragan saat dijumpai seusai latihan tim di Stadion Citarum, Senin (24/2).

Dia meyakini, PSIS bisa mencuri poin dari Persipura jika pemain konsisten dalam hal performa.

“Dan saya yakin jika kami di pertandingan sama seperti di latihan, kami akan membawa skor yang positif melawan Persipura,” kata Dragan.

Pantauan Tribun Jateng, dalam internal game di latihan, Dragan nampaknya sudah mengantongi nama-nama yang akan masuk dalam skuad utama nantinya.

Termasuk pemain yang bakal menggantikan dua pemain asing, Bruno Silva dan Wallace Costa, yang masih cedera.

Duo Brasil tersebut kemungkinan besar tak akan dimainkan dalam laga kontra Persipura sebab masih dalam proses pemulihan. Bahkan, keduanya belum juga terlihat dalam latihan tim karena masih menjalani terapi dan latihan terpisah.

Untuk mengganti sementara posisi Bruno Silva, Dragan kemungkinan menunjuk Hari Nur Yulianto sebagai penyerang tunggal. Posisi tersebut sekaligus mengembalikan posisi asli Hari Nur, yang selama ini lebih banyak beroperasi di sektor kiri penyerangan.

Adapun untuk posisi Wallace, Dragan bakal memainkan pemain anyar Abdul Abanda Rachman. Eks-Kalteng Putra ini bakal berduet dengan M Rio Saputro. (arl)