Kini Baru 20 Wasit yang Telah Dipastikan Bakal Memimpin Liga 1 2020

Perangkat pertandingan yang terdiri dari wasit dan sisten wasit untuk Liga 1 2020 telah siap. Total ada 49 orang yang sudah dipastikan bakal bertugas mengawal 306 pertandingan musim ini.

Jumlah tersebut merupakan hasil dari seleksi tes kebugaran untuk wasit-assisten wasit dalam beberapa pekan terakhir di Markas Divisi I Komando Strategi Angkatan Darat (KOSTRAD) TNI AD Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Namun, jumah tersebut bisa saja bertambah lantaran pada seleksi itu ada beberapa nama yang sakit sehingga batal mengikuti tes.

Dari 29 yang mengikuti seleksi wasit, enam orang dinyatakan tidak lolos dan tiga lainnya sakit. Sementara yang mengikuti seleksi asisten wasit sebanyak 38 orang, empat orang tidak lolos dan lima sisanya sakit.

Wakil ketua Umum PSSI sekaligus Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Cucu Somantri, berharap para wasit yang bertugas dapat memimpin laga dengan makismal.

“Kepada para wasit yang lolos saya ucapkan selamat bertugas. Saya berharap mereka bekerja secara profesional dan memimpiin dengan jujur dan bijaksana,” kata Cucu.

Untuk wasit dan asisten wasit yang sakit selama pelaksanaan tes kebugaran dipastikan bakal tetap mendapatkan kesempatan lagi untuk memimpin Liga1. Tapi mereka harus lebih dulu ikut tes bersama wasit Liga 2 pada 3 Maret mendatang.

Selain mereka yang sakit, ternyata masih ada 11 wasit dan 12 asisten wasit Liga 1 yang belum mengikuti tes karena sedang bertugas di Piala Gubernur Jatim dan penugasan AFC.