Ketua PSSI Respons Pemain Timnas Bukan Pilihan Shin Tae Yong

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, merespons ucapan Shin Tae Yong yang mengatakan pemain Timnas Indonesia pilihan pelatih lokal.

Menurut Iwan Bule, pemilihan nama-nama pemain Timnas Indonesia senior yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan adalah pilihan bersama.

“[Pilihan] bersama-sama ya. Memang kami lebih banyak serahkan ke Shin Tae Yong dengan pemilihan itu. Jadi sama-sama.”

“Sekarang karena Indra Sjafri bantu kami di Direktur Teknik, jadi kami serahkan seluruhnya ke Shin Tae Yong berkaitan dengan pemilihan pemain sehingga dia dengan leluasa akan memilih siapapun juga untuk timnas nanti baik yang U-20 maupun senior nanti,” jelas Iwan Bule usai pelantikan kepengurusan PSSI oleh KONI Pusat, Senin (24/2).

Ketua PSSI Respons Pemain Timnas Bukan Pilihan Shin Tae Yong
Sebelumnya, Shin Tae Yong mengatakan bahwa 34 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bukan pilihannya. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut para pemain merupakan pilihan pelatih lokal.

“Pemain sebenarnya bukan pilihan saya, tapi pelatih lokal, Coach Indra. Pelatih lokal sudah beri data pemain sebanyak 75 pemain kepada saya. Setelah diskusi kami pilih 34 pemain,” ucap Shin Tae Yong usai Timnas Indonesia dikalahkan Persita Tangerang 1-4 di Stadion Madya, Senayan, Jumat (21/2).

Selama pemusatan latihan, pelatih yang pernah membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di fase grup Piala Dunia 2018 itu mengaku baru mengetahui lebih dalam tentang kemampuan pemain-pemain Indonesia. Termasuk level permainan setelah laga uji coba digelar.

“Melalui TC ini, saya melihat banyak kemampuan pemain secara langsung. Jadi saya yakin bisa mengurangi risiko [salah pilih pemain] dengan memilih pemain yang sesuai,” sebut pelatih 50 tahun tersebut.

Pemusatan latihan perdana Timnas Indonesia digelar pada 14-23 Februari. Setelah itu, para pemain akan dipulangkan ke klub masing-masing untuk memulai pertandingannya di kompetisi Liga 1 2020.

Selanjutnya, pemusatan latihan bakal kembali digelar pada saat FIFA Matchday pada 16 Maret atau sepekan sebelum gelaran laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Thailand pada 26 Maret dan Uni Emirates Arab (UEA) pada 31 Maret 2020. (TTF)