40 Hari Latih PSS Sleman, Ini yang Dilakukan Eduardo Perez Sebelum Akhirnya Putuskan Mundur

Kabar mengejutkan datang dari tim berjuluk Super Elang Jawa, PSS Sleman, lima hari jelang kick off Liga 1 2020.

Pelatih klub kebanggaan bumi Sembada, Eduardo Perez Moran memilih untuk mengundurkan diri dari kursi pelatih kepala.

Pengunduran diri mantan asisten Luis Milla itu karena masalah teknis kepelatihan dan performa tim.

Pelaksana Tugas (Plt) Manager Tim PSS Sleman M Eksan, membenarkan kabar pengunduran diri Eduardo Perez dan menghargai keputusan dari pemilik lisensi kepelatihan AFC Pro itu.

“Tentu hal ini sangat kami sayangkan, tapi keputusan beliau harus dihargai. Kami berterima kasih atas kehadiran Eduardo, semoga apa yang diberikan dalam waktu tak lama ini bermanfaat bagi tim,” ujar M. Eksan di Sleman, Senin (24/02/2020) siang.

Seperti diketahui, juru taktik asal Spanyol itu ditunjuk sebagai pelatih kepala PSS Sleman pada, Rabu (15/1/2020).

Namun 40 hari kemudian, atau tepatnya Senin (24/2/2020) eks asisten pelatih Julio Banuelos di Persija Jakarta itu mengundurkan diri dari kursi panas yang ia duduki itu.

Tak banyak yang bisa diperbuat Eduardo selama 40 hari memimpin PSS Sleman.

Dua kali uji tanding yang digelar PSS Sleman dengan tim satu level, tak mampu dimenangi oleh tim racikan Eduardo.

Pada uji tanding pertama kontra Persib Bandung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (17/2/2020), Super Elang Jawa takluk dengan skor 0-2.

Sementara kontra Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (22/2/2020), PSS Sleman harus puas bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Dua laga uji tanding dengan hasil yang kurang maksimal ini disebut-sebut menjadi biang keladi mundurnya Eduardo Perez dari kursi kepemimpinan pelatih PSS Sleman.

Sebelumnya, PSS Sleman juga telah melakoni pemusatan latihan di Jakarta selama dua pekan sejak, Kamis, (23/1/2020) hingga Jumat (8/2/2020).

Pada pemusatan latihan di Jakarta itu tim berjuluk Super Elang Jawa juga sempat melakukan uji tanding melawan kontestan Liga 2 2020, Tiga Naga Pekanbaru.

Bermain di Lapangan G Senayan, Kamis (6/2/2020), PSS Sleman menang tipis 3-2.

Sementara itu, Chief Excecutive Officer (CEO) PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Fatih Chabanto mengatakan bahwa tak mudah mencari pengganti Eduardo.

Namun dalam waktu yang ada, secepatnya manajemen akan mencari pelatih baru.

“Meski terbilang mepet, PSS Sleman tetap klub yang menarik bagi banyak pelatih. Saya harap suporter bisa memaklumi situasi yang ada. Kami akan bergerak cepat,” tegas Fatih. (TRIBUNJOGJA.COM)